Keprihatinan dan Harapan 2 Legenda Sepak Bola Indonesia untuk Persipura

Dua legenda sepak bola Indonesia, Widodo Cahyono Putro dan Ilham Jaya Kesuma, prihatin atas nasib yang dialami Persipura Jayapura.

Mereka berharap, tim berjulukan Mutiara Hitam ini segera kembali ke Liga 1.

Persipura Jayapura harus menelan pil pahit. Raksasa sepak bola Indonesia ini untuk pertama kali dalam sejarahnya, turun kasta ke Liga 2.

Meski menang 3-0 atas Persita Tangerang dalam pekan terakhir Liga 1 2021-22, Kamis (31/3/2022) sore di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Persipura tak selamat dari degradasi.

Hasil yang diraih Barito Putera dan PSS Sleman menjadi penyebabnya. PSS menang 2-0 atas Persija Jakarta, Barito Putera bermain imbang 1-1 melawan Persib Bandung.

Dengan demikian, Persipura mengumpulkan total 36 poin dalam klasemen akhir Liga 1 2021-22 dan menempati peringkat ke-16, batas atas zona degradasi.

Poin serupa juga dimiliki Barito. Tetapi tim asal Kalimantan Selatan ini berhak duduk di atas Persipura karena mereka unggul head-to-head atas wakil dari ujung timur Indonesia tersebut.

Sementara itu PSS, yang semula ikut terancam, justru bisa menggeser PSM Makassar dari peringkat ke-13. Tiga poin yang diraih saat melawan Persija membuat PSS mengumpulkan total 39 angka, unggul satu atas PSM.

Ini membuat Persipura untuk kali pertama degradasi dalam sejarah 58 tahun klub tersebut, yang didirikan pada Mei 1963.

Padahal, Persipura berstatus raksasa sepak bola Indonesia karena pernah empat kali juara Liga Indonesia.

Nasib tragis Persipura membuat Widodo Cahyono Putro ikut prihatin. Pelatih Persita ini berharap Mutiara Hitam segera kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

“Saya bermain pernah merasakan kalau away ke sana dan mereka melahirkan pemain-pemain bertalenta contohnya Boaz (Solossa) sekarang ada Ramai (Rumakiek),” ujar Widodo yang ditemui usai timnya kalah dari Persipura.

“Jadi saya berharap tidak lama lagi mereka naik kembali karena tidak dipungkiri, dibandingkan daerah-daerah lain, mereka mempunyai kelebihan dan skill yang memang tidak biasa.”

“Jadi, kalau ada pemain Papua di timnas, cara bermainnya akan berbeda dengan yang lain. Jadi saya harap mereka segera kembali ke Liga 1.”

Hal senada diungkapkan Ilham Jaya Kesuma, yang termasuk legenda Persita Tangerang.

Mantan pemain timnas Indonesia ini pun ingin Persipura secepatnya promosi.

“Sangat disayangkan karena kita tahu semua sejak zaman saya bermain, Persipura tim terkuat dalam sepak bola Indonesia. Tetapi inilah sepak bola,” ujar Ilham, yang masuk jajaran pelatih klub berjulukan Pendekar Cisadane tersebut.

“Tahun ini mereka degradasi dan semoga ke depannya akan lebih baik lagi. Perjuangan di Liga 2 mungkin berat, seperti halnya di Liga 1. Tapi kalau persiapannya bagus, insya Allah bisa promosi,” tambah Ilham.