Butuh Asnawi Mangkualam Di SEA Games, Shin Tae-Yong Lobi Pelatih Ansan Greeners

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong berusaha Asnawi Mangkualam, bermain di SEA Games 2021. Demi mewujudkan keinginannya tersebut ia bakal melobi Ansan Greeners.

Ansan Greeners memang kemungkinan kecil mau melepas Asnawi. Mengingat, SEA Games 2021 di luar agenda FIFA sehingga tidak ada kewajiban klub buat merelakan pemainnya gabung ke negaranya.

Sadar dengan keadaan tersebut makanya Tae-yong mau membicarakan persoalan tersebut kepada juru formasi Ansan Greeners, Cho Min Kook. Ia membutuhkan tenaga Asnawi di timnas Indonesia untuk SEA Games 2021.

“Saya datang ke Stadion Jeonnam untuk rapat dengan pelatih Cho agar Asnawi dapat dipanggil ke SEA Games sekalian menonton anak saya yang kedua debut pada tahun ini,” tulis Tae-yong dalam akun Instagram miliknya.

SEA Games 2021 bakal dilangsungkan di Vietnam pada 12 Mei hingga 23 Mei mendatang. Khusus cabang olahraga (cabor) sepakbola dimulai 6 Mei 2022.

Sebanyak sepuluh negara berparsipasi dalam SEA Games 2021. Nantinya, para kontestan tersebut dibagi ke dua grup dengan lima pot yang sudah ditentukan panitia penyelenggara ajang itu.

Timnas Indonesia menempati pot dua bersama Malaysia. Pembagian pot tersebut beracuan dari hasil dua edisi SEA Games terakhir yang dilangsungkan.

Dijadwalkan undian grup dilangsungkan pada 6 April 2022. Setiap negara maksimal mendaftarkan 20 pemain yang mana tiga di antaranya boleh berusia di atas 23 tahun.

Akan tetapi, dari ketiga sosok senior tersebut cuma dua yang bisa dimainkan. Batas akhir penyerahan daftar pemain ditetapkan pada 30 Maret mendatang.

Target timnas Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 2021. Pada 2019 skuad Garuda Muda yang dilatih Indra Sjafri merengkuh medali perak.