Kata Pratama Arhan soal Bulan Ramadhan Bersama Tokyo Verdy

Pratama Arhan berpotensi debut di J2 League 2022 saat Bulan Ramadhan tiba. Ia sudah tiba di Jepang sejak 17 Maret dan sempat menjalani karantina selama sepekan, dan kini bersiap menjalani laga perdana bersama Tokyo Verdy.

Seusai karantina, Arhan juga sudah ikut berlatih bersama rekan-rekan barunya sejak, Rabu (23/3/2022). Kalau bisa beradaptasi dengan baik, bukan tidak mungkin Arhan akan debut dalam waktu dekat.

Momen debut Arhan bisa saja terjadi pada Bulan Ramadhan yang akan tiba pekan depan. Arhan pun harus bekerja ekstra keras untuk membuktikan diri, sambil tetap menjalankan ibadah selama bulan suci.

“Kalau untuk puasa, saya umat muslim sehingga wajib untuk puasa. Tapi semisal kalau ada pertandingan atau cuaca dan kondisi saya tidak memungkinkan puasa, mungkin saya juga tidak akan puasa,” kata Pratama Arhan dalam konferensi pers di KBRI Tokyo.

“Tapi itu (puasa), kan bisa diganti waktu selesai lebaran. Jadi lihat nanti bagaimana,” ujarnya menambahkan.

Tokyo Verdy baru saja memainkan pekan ke-6 J2 melawan Montedio Yamagata, Sabtu (26/3/2022). Laga yang berakhir imbang 3-3 itu belum diwarnai kehadiran Arhan di skuad Verdy.

Selanjutnya, Tokyo Verdy akan menghadapi FC Ryukyu pada pekan ke-7 J2 League, Rabu (30/3). Kemudian melawan Oita Trinita, Minggu (3/4), yang berbarengan dengan hari kedua Bulan Ramadhan.

Sementara itu, pihak klub akan mendukung Pratama Arhan untuk menjalani ibadah puasa. Tokyo Verdy pun akan mengusahakan agar Arhan tetap bugar untuk menjalani latihan maupun pertandingan.

“Kami memahami umat muslim menjalankan puasa. Kami pun sudah berdiskusi dengan koki di klub terkait Arhan, salah satunya terkait makanan non halal. Kami sangat bertanggung jawab akan hal itu,” ucap GM Tokyo Verdy Atsuhiko Ejiri.