Prediksi Madura United Vs Bali United: Serdadu Tridatu Jangan Terlalu Jemawa

Bali United punya kesempatan untuk makin dekat dengan gelar juara BRI Liga 1 2021/2022 dengan mengincar kemenangan atas Madura United pada pertandingan pekan ke-32 yang digelar di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Senin (21/3/2022) malam WIB. Namun, tim asuhan Stefano Cugurra itu lebih baik tidak jemawa.

Suporter Bali United mendadak menjadi pendukung Persebaya Surabaya pada Sabtu (19/3/2022) malam. Mereka mendukung Bajul Ijo untuk bisa mengalahkan Persib Bandung, yang menjadi rival utama Bali United dalam mengejar gelar juara BRI Liga 1 musim ini.

Pada akhirnya, Persebaya bermain imbang 1-1 dengan Persib. Kondisi itu membuat Bali United unggul dua poin dengan satu pertandingan tersisa lebih banyak.

Jika bisa mengalahkan Madura United, Bali United akan memiliki keunggulan lima poin dan bisa mengamankan gelar juara pada pekan ke-33 jika bermain imbang atau menang atas Persebaya.

Namun, Bali United jangan terlalu senang dulu. Fadil Sausu dkk. tidak boleh jemawa dan berada di atas angin saat menghadapi Madura United. Laskar Sape Kerap saat ini tengah menjalani tren yang menanjak.

Pada pekan lalu, Bayu Gatra dkk. menghajar Persija Jakarta dengan skor telak 3-1. Melihat hal itu, tentu Stefano Cugurra, mantan pelatih Persija yang kini menangani Bali United, tidak boleh memandang sebelah mata lawannya itu.

Pada pertemuan kedua tim di putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022, Bali United pun tumbang 0-1 di tangan Madura United. Tentu saja, Serdadu Tridatu tak ingin hal yang sama terulang. Apalagi mereka tengah mencoba mencetak sejarah sebagai klub yang juara dalam dua musim berturut-turut.

Bukan hanya kekalahan di putaran pertama BRI Liga 1 yang perlu diwaspadai. Teco, sapaan karib Stefano Cugurra, harus melihat fakta bahwa Madura United tampil lebih baik di babak kedua.

Kurang dari 50 persen gol yang dilesakkan Madura United berhasil dicetak pada babak kedua. Bahkan dalam dua pertandingan sebelum mengalahkan Persija, tim asuhan Fabio Lefundes itu baru mencetak lima gol setelah lebih dari 70 menit pertandingan berlangsung.

Menghadapi Barito Putera, Madura United sempat tertinggal 1-3, tapi akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Persib sempat dibuat ketar-ketir oleh Madura United, di mana setelah unggul 3-0, gawang Maung Bandung dua kali bergetar hanya dalam dua menit, yaitu pada menit ke-85 dan 87′.

Teco melihat kedua tim sama-sama bermain terbuka. Itu sebabnya ada peluang hujan gol terjadi. “Kedua tim bisa bermain terbuka,” ujar Teco dalam konferensi pers yang digelar Minggu (20/3/2022).

Pelatih asal Brasil itu memang mewaspadai skuad Madura United yang dihuni cukup banyak kompatriotnya, seperti Hugo Gomes Dos Santos Silva, Renan Silva dan Jaimerson Xavier yang pernah diasuhnya di Persija Jakarta, serta Alberto Goncalves yang kini sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Seperti yang saya katakan, Madura United punya pemain yang berkualitas di sana. Kami harus fokus sejak menit pertama dan bukan hanya 20 menit terakhir,” tegas Teco.

Sementara itu, pelatih Madura United, Fabio Lefundes, sudah mempelajari seluk beluk Bali United. Dia menyadari Serdadu Tridatu memiliki keinginan besar untuk menjadi kampiun BRI Liga 1 2021/2022.

“Kami tahu pertandingan nanti tidak mudah karena Bali United ingin menjadi juara. Kami masih dalam masa persiapan dan sudah belajar tentang Bali United,” jelasnya.

Sebagai tim penentu apakah Bali United bisa menjadi juara pada musim ini, Madura United harus memberikan perlawanan tanpa lelah.

Setelah menghadapi Persija Jakarta dan menang 3-1 pada laga tunda pekan ke-24 itu, praktis hanya tiga hari persiapan yang dimiliki Fabio Lefundes agar Madura United bisa menghadapi Bali United.

“Kami memang tidak punya banyak waktu karena waktu pertandingan berdekatan. Tapi kami harus fokus untuk mencapai yang terbaik,” tutupnya.

Perkiraan Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): 1-Hong Jongnam; 13-Dodi Alekvan Djin, 19-Fahruddin Aryanto (C), 5-Jaimerson Xavier, 26-Andik Rendika Rama; 50-Hugo Gomes Dos Santos Silva, 35-Zulfiandi (Tengah), 70-Renan Silva; 8-Greg Nwokolo, 9-Alberto Goncalves, 7-Bayu Gatra
Pelatih: Fabio Araujo Lefundes
Bali United (4-3-2-1): 1-Nadeo Arga Winata; 24-Ricky Fajrin, 32-Leonard Tupamahu, 43-Willian Pacheco, 33-Andhika Wijaya; 17-Sidik Saimima, 6-Brwa Nouri, 27-Eber Bessa; 10-Stefano Lilipaly, 37-Privat Mbarga; 9-Ilija Spasojevic (C)
Pelatih: Stefano Cugurra