Pelatih Madura United Emoh Buru-buru Pikirkan 3 Laga Tersisa di BRI Liga 1

Madura United masih dalam euforia setelah meraih kemenangan di BRI Liga 1 2021/2022. Mereka berhasil menang 3-1 atas Persija Jakarta dalam laga tunda pekan ke-24 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (17/3/2022).

Kemenangan itu jadi yang pertama didapat Madura United dalam enam laga terakhir BRI Liga 1. Selain itu, Laskar Sape Kerap juga memastikan terhindar dari degradasi karena kini berada di peringkat kesembilan dengan 38 poin.

Kini, tersisa tiga pertandingan saja yang akan dihadapi oleh Madura United. Pelatih Fabio Lefundes tidak ingin terburu-buru memikirkan rencana tiga pertandingan yang akan menentukan posisi akhir timnya di klasemen.

“Kami perlu bernapas dulu. Kami akan berusaha mendapatkan apa yang kami bisa. Saya di sini sudah 20 pertandingan dengan 40 persen kami bisa berusaha. Kami ingin punya hasil positif dari pertandingan yang kami mainkan,” kata Fabio Lefundes, Sabtu (19/3/2022).

“Kami punya hasil positif dan mencetak gol. Saya datang ke sini sudah tahu target yang harus kami lakukan dan itu tidak mudah. Kami harus melihat ada pemain yang cedera. Kami bisa melakukan pergantian supaya tetap main,” imbuhnya.

Jika menilik kiprahnya, Fabio Lefundes belum lama menangani Madura United. Dia datang mulai pekan ke-12 atau saat timnya menghadapi Persebaya Surabaya. Hasilnya, timnya kalah 0-1 di laga itu (20/11/2021).

Total, pelatih asal Brasil itu menemani Madura United dalam 20 pertandingan dengan hasil tujuh menang, enam seri, dan tujuh kalah. Artinya, dia membukukan persentase kemenangan sebanyak 35 persen.

“Tim yang ada di papan atas tidak banyak melakukan pergantian pemain. Tapi, tim seperti kami, harus melakukan pergantian pemain supaya lebih baik lagi,” ucap pelatih Madura United berusia 49 tahun tersebut.

Terdekat, Laskar Sape Kerap akan berjumpa dengan kandidat kuat juara BRI Liga 1, yakni Bali United. Duel pekan ke-32 itu bakal berlangsung di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Senin (21/3/2022).

“Saya belum memikirkan berikutnya karena saya tidak tahu apa yang akan klub lakukan. Saya tahu kami akan melawan Bali United, tim yang punya peluang besar menjuarai Liga 1,” ujarnya.

Setelah itu, Madura United masih akan meladeni Borneo FC pada 25 Maret 2022. Satu pertandingan lagi menghadapi Persikabo 1973 dalam pekan ke-34 atau terakhir dengan jadwal yang belum ditentukan.

Dengan menyisakan tiga laga, Madura United akan mendapat 47 poin maksimal. Itu tentu saja dengan catatan memenangi tiga pertandingan alias mendapat tambahan sembilan poin.

Jumlah itu rupanya sulit untuk menembus papan atas. Sebab, Borneo FC yang berada di peringkat keenam saja sudah mengoleksi 48 angka. Tapi, masih ada kans finis di peringkat ketujuh yang saat ini dihuni oleh PSIS Semarang (42 poin).

Kans juara Madura United sudah jelas hilang karena tak akan mampu mengejar Bali United. Di puncak klasemen, Serdadu Tridatu kini sudah mengoleksi 69 poin dan jadi kandidat kuat meraih trofi musim ini.

Selain Bali United, masih ada Persib Bandung yang juga punya kans menjadi kampiun. Mereka kini di posisi runner-up dengan 66 angka. Tersisa dua tim inilah yang berpeluang untuk keluar sebagai juara BRI Liga 1.