Libas Persiraja 5-0, TIRA Persikabo Amankan Tempat Di Liga 1 Musim Depan

TIRA Persikabo mengamankan tempat di Liga 1 setelah memetik kemenangan telak 5-0 atas juru kunci Persiraja Banda Aceh di Stadion Kompyang Sujana, Sabtu (19/3) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-32.

Kemenangan membuat TIRA Persikabo kini mengumpulkan nilai 37, dan menduduki peringkat 12 klasemen sementara. Koleksi poin TIRA Persikabo sudah tidak mungkin terkejar lagi oleh Persipura Jayapura yang berada di posisi teratas zona degradasi.

Kepastian TIRA Persikabo bertahan di Liga 1 itu menyisakan empat tim yang masih terancam degradasi, yakni PSM Makassar yang mengumpulkan nilai 35, PSS Sleman (33), Barito Putera (32), dan Persipura (27). Di luar Barito Putera, tiga tim lainnya masih menyisakan tiga pertandingan.

TIRA Persikabo mengambil inisiatif melakukan tekanan ke pertahanan Persiraja sejak menit awal. Sedangkan Persiraja mengawali pertandingan dengan tempo lamban.

Upaya TIRA Persikabo untuk membuka keunggulan baru terwujud pada menit ke-25. Umpan tarik Birrul Walidain dari sisi kanan serangan diselesaikan Ciro Alves yang tak bisa dibendung kiper Rolas Divaio.

TIRA Persikabo yang mendominasi permainan berhasil menggandakan keunggulan akibat gol bunuh diri Andika Kurniawan di menit ke-36. Andika yang berusaha menghalau bola umpan sundulan Andy Setyo justru membelokkan si kulit bundar ke dalam gawang sendiri.

Gol ini memberikan pengaruh terhadap performa Persiraja. Akibatnya, TIRA Persikabo sukses memperlebar keunggulan selang tiga menit kemudian lewat gol Dimas Drajad dengan menyambut umpan Aleksandar Rakic.

Menjelang babak pertama berakhir, TIRA Persikabo memastikan keunggulan menjadi 4-0 ketika Ciro Alves menerima umpan panjang dari Munadi, dan selanjutnya mengecoh pertahanan Persiraja untuk mencetak gol.

Di babak kedua, TIRA Persikabo sedikit menurunkan irama permainan. Situasi itu coba dimanfaatkan Persiraja untuk memperkecil ketertinggalann, namun tidak membuahkan hasil manis.

Bahkan, TIRA Persikabo berhasil menambah satu gol lagi di menit ke-82 ketika Ciro Alves mencetak hat-trick usai menerima umpan panjang Hendra Bayauw dari sisi kanan serangan.

Gol ketiga tersebut membuat Ciro Alves kini menguntit Ilija Spasojevic dalam daftar topskor. Ciro Alves yang sudah melesakkan 20 gol kini hanya tertinggal satu dari Spasojevic. Skor 5-0 untuk TIRA Persikabo ini akhirnya menutup pertandingan.