Shin Tae-yong Bocorkan Jadwal Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-23 Proyeksi SEA Games 2021 di Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 tidak mau kalah dengan saudara mudanya, timnas U-19. Tim berjuluk Garuda Muda itu juga direncanakan menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan.

Saat ini, timnas U-19 sedang digeber dalam training centre di Negeri Ginseng sejak 12 Maret 2022 hingga 15 April 2022. Namun, Ronaldo Kwateh dkk. masih dalam masa karantina mandiri.

Baik pemusatan latihan timnas U-19 dan Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan sama-sama dipimpin Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong telah sampai lebih dulu di Korea Selatan ketimbang timnas U-19. Arsitek berusia 51 tahun itu perlu merancang training centre dan menyiapkan lawan uji coba.

Media Korea Selatan, News1 mengabarkan Timnas Indonesia U-23 bakal tiba di Korea Selatan pada 9 April 2022, dilanjutkan menjalani karantina selama tujuh hari.

Timnas Indonesia U-23 praktis baru akan memulai latihan di lapangan pada 16 April 2022 sebagai persiapan menuju SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022.

“Saya berharap Timnas Indonesia U-23 dan timnas U-19 mendapatkan mental yang kuat dan tidak mudah roboh melalui pemusatan latihan di Korea Selatan,” ujar Shin Tae-yong dinukil dari News1.

Sementara itu, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan rencana pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan berasal dari permintaan Shin Tae-yong.

“Terakhir Shin Tae-yong meminta seperti itu. Supaya dia bisa melihat langsung Timnas Indonesia U-23,” imbuh Iriawan.

Sama seperti pakem pemusatan latihan timnas kelompok usia lain, Timnas Indonesia U-23 akan berlatih dulu di Jakarta sebelum memulai persiapan di Korea Selatan.

Dari Korea Selatan, Garuda Muda tidak pulang ke Tanah Air dan akan berangkat langsung ke Vietnam untuk mengikuti SEA Games 2021.

“Pemusatan latihan nantinya di Indonesia lebih dulu. Baru berangkat ke Korea Selatan supaya efektif dan fleksibel,” papar Iriawan.

“Nantinya, Timnas Indonesia U-23 akan langsung ke Vietnam untuk bermain di SEA Games 2021 dari Korea Selatan,” ucap pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.