Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-18 Wanita 2023, ASBWI Bersiap

Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI), Nadalsyah, mengungkapkan Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-18 Wanita 2023.

Hal itu diungkapkannya saat jumpa pers jelang putaran nasional Piala Pertiwi 2021-2022 yang digelar di Bandung, Kamis (17/3/2022). Namun begitu, ia masih belum bisa mengungkapkan secara detail tanggal pasti turnamen antarnegara ASEAN tersebut akan bergulir.

Meski begitu, Nadalsyah bersama ASBWI menegaskan akan bersiap untuk menyiapkan tim terbaik yang bakal diturunkan pada ajang tersebut.

“Karena nanti kita akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-18 Wanita pada tahun depan, berarti kami akan mengadakan turnamen U-16 pada tahun ini. Itu supaya satu tahun ke depan pembentukan timnya sudah matang,” kata Nadalsyah.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Bupati Barito Utara itu mengungkapkan ASBWI juga bakal menggelar berbagai event sepak bola wanita lainnya.

“Seperti yang disampaikan Bapak Ketum PSSI, dalam sepak bola tidak ada yang namanya instan. Jadi nanti selain ada Piala Pertiwi, kami juga akan menyelenggarakan Piala ASBWI, sampai Liga mulai dari U-10, U-12, dan U-17,” pria berusia 57 tahun itu menjelaskan.

Sementara itu, putaran nasional Piala Pertiwi 2021-2022 akan diikuti 19 tim dan terbagi dalam empat grup. Ada tiga venue penyelenggaraan di Bandung yang disiapkan, yakni Stadion Persib di Sidolig, Lapangan Sabilulungan (Soreang), dan Lapangan Progresif.

Pada hari pembukaan, Jumat (18/3/2022), ada delapan pertandingan yang akan digelar. Dibuka dengan laga Jawa Barat vs Papua pada pukul 07.30 WIB. (skor.id)