Blak-blakan Kapten Barito Putera, Rizky Pora Lebih Nyaman Dilatih Coach RD

Blak-blakan kapten tim PS Barito Putera, Rizky Pora, mengaku lebih nyaman saat Rahmad Darmawan menjadi pelatih di putaran kedua BRI Liga 1 2021-22.

Sebagaimana diketahui, Barito Putera tidak berada dalam jalur yang positif di ajang BRI Liga 1 2021-22. Laskar Antasari tergelincir di zona degradasi pada putaran pertama lalu.

Kala itu, Barito Putera dilatih oleh Djajang Nurdjaman, pelatih yang menyelamatkan tim dari degradasi di Liga 1 2019 silam.

Meski datang sebagai juru selamat, tapi penampilan Barito Putera tidak membaik di Liga 1 2021-22. Alhasil, Djajang Nurdjaman akhirnya mundur di pertengahan musim.

Pelatih lokal yang baru saja membawa RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1, Rahmad Darmawan, ditunjuk untuk menjadi suksesor Djanur di kursi kepelatihan Barito Putera.

Rahmad Darmawan juga mendapatkan keleluasaan dalam memilih pemain yang akan bergerilya di putaran kedua Liga 1.

Pelatih yang akrab disapa Coach RD itu pun memboyong sejumlah pemain asing, yaitu Bruno Matos, Rafael Silva, dan Renan Alves.

Sejumlah pemain naturalisasi juga tak luput dari bidikan. Musim ini, Barito kedatangan Guy Junior, Raphael Maitimo, serta ada Yu Hyun-koo yang menemani Kim Jin-sung.

Untuk pemain lokal, Barito Putera sangat terbantu dengan hadirnya bek Saddam Hi Tenang, dan kiper berpengalaman di Liga 1 dan Timnas, yaitu Kurniawan Kartika Ajie.

Sedikit demi sedikit, Barito Putera mulai menyalip lawannya dan lepas dari zona degradasi Liga 1, walau kini masih harus bersaing ketat dengan Persipura Jayapura.

Kapten tim Barito Putera, sekaligus pemain yang paling lama membela klub, yaitu Rizky Pora, secara blak-blakan mengaku lebih nyaman dilatih oleh Rahmad Darmawan.

Kehadiran eks pelatih RANS Cilegon FC itu, ditambah para pemain baru yang memiliki kontribusi positif, membuat Barito Putera bisa lepas dari jerat degradasi musim ini.

“Betul, sangat berdampak ketika Coach RD datang, sangat membantu tim, ditambah dengan kedatangan pemain baru, bisa membawa tim kita lebih bagus,” ucapnya.

“Alhamdulillah dengan Coach RD, pemain pemain lebih tambah semangat untuk kerja keras dan bisa lolos dari zona degradasi,” ungkap Rizky Pora via Jebret Media TV.

Sejatinya, kapten Barito Putera, Rizky Pora juga tidak mengecilkan kontribusi Djajang Nurdjaman selama melatih Laskar Antasari.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu bisa membawa Barito Putera bertahan di Liga 1, dan berprestasi di Piala Presiden 2021 silam.

Hanya saja, karakter Rahmad Darmawan lebih dibutuhkan pemain Barito Putera, saat timnya masih terseok-seok di papan bawah.

“Saya lihat sama saja, cuma karakter dan pembawaan pelatih yang berbeda. Kalau pemain nyaman sama pelatih, mereka mau berbuat apa saja juga nyaman di lapangan.”

“Dengan kedatangan Coach RD, sangat membantu, tim kita juga semakin bagus, alhamdulillah kita dapat beberapa poin di pertandingan putaran kedua ini,” tukasnya.