Bhayangkara FC Gagal Juara BRI Liga 1, Paul Munster: Perasaan Saya Tak Tergambarkan

Bhayangkara FC meraih hasil yang negatif dalam pekan ke-31 BRI Liga 1 2021/2022. Mereka dipaksa takluk 1-2 dari Persipura Jayapura di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (16/3/2022) sore.

Dua gol Persipura Jayapura dicetak oleh Ramiro Fergonzi melalui eksekusi penalti di menit ke-27 dan tembakan Ricky Cawor di injury time. Sedangkan satu gol balasan Bhayangkara lahir lewat sepakan bebas Anderson Salles di injury time juga.

Laga ini berjalan tak mudah buat Bhayangkara FC. Sebab, mereka harus bermain dengan 10 personel saja sejak menit ke-41.

Penyebabnya, Jajang Mulyana ingin melewati Yevhen Bokhasvili tapi gagal. Jajang kemudian menarik baju Yevhen dan wasit menghadiahi kartu kuning kedua.

“Perasaan saya tidak tergambarkan. Kami sangat mendominasi di awal pertandingan, tapi kami membuat dua kesalahan besar dan kartu merah. Kami punya banyak peluang yang secara mengecewakan gagal (berbuah gol),” kata Paul Munster, pelatih Bhayangkara.

“Kami bermain dengan 10 orang yang berarti kami harus bekerja ekstra dan mengganti taktik. Di babak kedua, bermain dengan 10 orang itu tetap berjalan. Tapi, kami tetap tidak bisa mengonversi peluang jadi gol dan itu jadi tekanan,” imbuhnya.

Bhayangkara FC sebenarnya mampu membukukan sebanyak 14 tembakan ke gawang Persipura. Namun, hanya empat yang tepat sasaran dan satu saja yang berbuah gol.

Dari empat tembakan itu, tiga di antaranya merupakan eksekusi tendangan bebas yang semuanya dilepaskan oleh Anderson Salles. Artinya, Bhayangkara kesulitan memberi ancaman lewat permainan terbuka.

“Saya kecewa dengan situasi ini. Ketika kami mendapat peluang emas di depan gawang, seharusnya itu bisa terjadi gol. Tapi, sayangnya tidak terjadi,” ucap pelatih berpaspor Irlandia Utara tersebut.

Pantas saja Paul Munster merasa kecewa dengan kekalahan ini. Sebab, timnya sudah kehilangan peluang untuk meraih gelar juara BRI Liga 1.

Hasil ini membuat Bhayangkara masih tetap di peringkat ketiga dengan 59 poin dengan menyisakan tiga laga. Persaingan menjadi kampiun kini hanya jadi milik Bali United (69 poin) dan Persib Bandung (66 poin).