Timnas Indonesia U-19 Wajib Maksimalkan Uji Coba Kontra Korea Selatan

Timnas Indonesia U-19 akan melakoni uji coba melawan Korea Selatan U-19. Pertandingan tersebut disambut positif pilar Garuda Muda Alfriyanto Nico Saputro.

Nico merasa uji coba kontra Korea Selatan U-19 bagus untuk persiapan timnas Indonesia U-19. Laga tersebut dilangsungkan sebanyak dua kali pada pada 25 dan 29 Maret 2022.

Secara level, Korea Selatan U-19 berada di atas timnas Indonesia U-19. Akan tetapi, Nico menyatakan tidak takut dengan perbedaan tingkat tersebut.

“Kalau lawan Korea Selatan [U-19], insyaallah kami harus kerja [keras], kami pasti bisa, dan kami harus belajar mengenai sepakbola di sana juga,” kata Nico.

Selain Korea Selatan U-19, timnas Indonesia U-19 bakal melakoni tujuh uji coba lainnya. Agenda tersebut dilangsungkan di dua kota yakni Yeong-deok dan Daegu.

Saat ini timnas Indonesia U-19 sedang menjalani karantina mandiri selama satu pekan usai tiba di Korea Selatan pada Sabtu (12/3). Para pemain diperintahkan berlatih secara virtual untuk menjaga kondisinya.

Dijadwalkan, timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) dan uji coba di Korea Selatan sampai 15 April mendatang. Agenda tersebut merupakan rangkaian skuad Merah Putih untuk terjun di Piala Dunia U-20 tahun depan.

“Jadi kami harus cepat beradaptasi dengan cuaca di sana,” ucap pilar Persija Jakarta berusia 18 tahun tersebut.

Pernyataan serupa disampaikan Ronaldo Kwateh. Penggawa Madura United itu merasa TC dan uji coba di Korea Selatan akan membawa dampak besar terhadap performa timnas Indonesia U-19.

“Menurut saya ini akan jadi uji coba yang sangat bagus ya dengan melawan timnas Korea Selatan, karena mereka juga tim yang kuat,” ujar Ronaldo.

“Jadi itu bisa buat perlawanan yang baik buat kita. Semoga kami bisa memberikan yang terbaik saat menjalani uji coba di sana,” Ronaldo menambahkan.