Hasil PSM Vs Persela 2-2, Laskar Joko Tingkir Kian Dekat ke Jurang Degradasi

Pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2021-2022 antara PSM Makassar vs Persela Lamongan berakhir imbang 2-2.

Laga PSM vs Persela berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Senin (14/3/2022) sore WIB.

Dua gol PSM dicetak oleh Wiljan Pluim (12′) dan Yakob Sayuri (48′).

Adapun sepasang gol Persela Lamongan dibukukan oleh striker asal Brasil, Jose Wilkson, pada menit ke-10 dan Mochammad Zaenuri (70′).

Hasil ini semakin memperburuk tren tidak pernah menang Persela Lamongan menjadi 22 pertandingan beruntun.

Kegagalan mengalahkan PSM juga semakin mendekatkan Persela Lamongan ke jurang degradasi.

Persela saat ini sudah menempati zona degradasi klasemen Liga 1 tepatnya urutan ke-17 dengan koleksi 20 poin dari 31 laga.

Laskar Joko Tingkir, julukan Persela, untuk sementara tertinggal delapan angka dari Barito Putera yang duduk di peringkat 15 atau batas aman zona degradasi.

Terdekat, Barito Putera akan menghadapi Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-31 Liga 1, Senin (14/3/2022) malam WIB.

Jika Barito Putera berhasil mengalahkan Persebaya, Persela Lamongan dipastikan akan degradasi ke Liga 2 musim depan.

Di sisi lain, hasil imbang membuat PSM Makassar gagal memperbaiki posisinya. PSM Makassar kini tertahan di peringkat ke-12 dengan koleksi 35 poin dari 31 laga.

Juku Eja, julukan PSM, untuk sementara unggul sembilan poin atas Persipura Jayapura yang duduk di peringkat ke-16 atau batas awal zona degradasi.

Dengan tiga pertandinagn tersisa, PSM Makassar membutuhkan dua poin lagi untuk memastikan diri lolos dari jurang degradasi.

Jalannya Pertandingan PSM Vs Persela Lamongan:

Pertandingan PSM vs Persela berjalan sengit pada babak pertama. Kedua tim bergantian melancarkan serangan sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai.

Persela Lamongan berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol striker asal Brasil, Jose Wilkson, pada menit ke-10.

Menerima umpan sepak pojok Guilherme Batata, Jose Wilkson sukses menaklukkan kiper PSM, Hilman Syah, dengan sundulan.

Namun, keunggulan Persela itu hanya bertahan dua menit. PSM berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-12 lewat tendangan bebas langsung Willem Jan Pluim.

Secara statistik, PSM sedikit lebih unggul daripada Persela. PSM dengan 55 persen penguasaan bola tercatat berhasil melepaskan delapan tembakan ke arah gawang sepanjang babak pertama.

Di lain sisi, Persela asuhan Ragil Ramadan “hanya” mampu melepaskan empat tembakan ke arah gawang.

Berlanjut ke babak kedua, Ragil Sudirman langsung melakukan dua pergantian.

Ragilan memutuskan menarik keluar dua winger-nya, yakni Selwan Aljeberi dan Rahel Radiansyah.

Kedua pemain itu digantikan oleh Riyatno Abiyoso dan Malik Risaldi.

Di sisi lain, pelatih PSM, Joop Gaal, masih mempertahankan komposisi pemainnya.

Tiga menit babak kedua berjalan, PSM yang mengambil inisiatif menyerang telebih dahulu berhasil mencetak gol kedua.

Gol kedua PSM lahir dari kecerdikan Rasyid Bakri mengirim umpan terobosan ke Yakob Sayuri yang membuka ruang di sisi kanan.

Umpan Rasyid Bakri itu membuat Yakob Sayuri lolos dari jebakan offside dan langsung berhadapan dengan kiper Persela, Dwi Kuswanto.

Meski Dwi Kuswanto sudah keluar dari sarangnya, Yakob Sayuri tetap berhasil mencetak gol dengan tembakan kaki kiri.

Dua menit berselang, Yakob Sayuri nyaris memperlebar keunggulan PSM andai sundulannya setelah menerima umpan silang tidak melebar.

Tertinggal 1-2, Ragil Sudirman mencoba memperkuat lini depannya dengan memasukkan winger cepat, M. Nur Iskandar.

Memasuki menit ke-60, Persela Lamongan secara perlahan mulai berhasil keluar dari tekanan PSM.

Usaha Persela Lamongan untuk mencetak gol penyeimbang akhirnya berhasil pada menit ke-70. Gol kedua Persela berawal dari umpan sepak pojok Guilherme Batata yang disambut dengan sundulan oleh Jose Wilkson.

Sundulan Jose Wilkson itu menciptakan kemelut di mulut gawang Persela.

M. Zaenuri yang berdiri bebas kemudian berhasil memanfaatkan kemelut itu dengan melepaskan tendangan keras kaki kanan.

Tembakan M. Zaenuri itu meluncur deras masuk ke sisi kanan gawang PSM. Setelah skor imbang 2-2, tempo pertandingan mulai meningkat.

Tepat pada menit ke-82, Joop Gall melakukan penyegaran dengan menarik kelua tiga pemain, yakni Yance Sayri, Rasyid Bakri, dan Ferdinan Sinaga.

Tiga nama itu digantikan oleh Rizky Eka, Delfin Rumbino, dan Ilham Udin Armayin. Memasuki menit ke-85, Persela Lamongan semakin gencar melancarkan serangan.

Namun, perjuangan Persela untuk mencetak gol ketiga tidak berbuah hasil hingga akhir pertandingan. Tidak ada gol tercipta. Skor imbang 2-2 bertahan hingga peluit panjang.

Susunan Pemain PSM Vs Persela:

PSM Makassar (4-3-1-2): 97-Hilman Syah; 11-Yance Sayuri (24-Risky Eka 82′), 26-Ganjar Mukti, 5-Erwin Gutawa, 33-Dallen Ramadhan; 16-Manda Cingi, 48-M. Arhan, 17-Rasyid Bakri (68-Delfin 82′); 80-Willem Jan Pluim; 22-Yakob Sayuri, 6-Ferdinan Sinaga (30-Ilham Udin 82′)

Cadangan: 3-Zulkifli Syukur, 15-Hasim Kipuw, 99-Saldi Amiruddin, 30-Ilham Udin Armaiyn, 37-Aditya Putra, 24-M. Rizky Eka, 69-Delfin Rumbino, 51-Syaiful Syamsuddin, 20-M. Reza Arya Pratama, 36-Adam Mitter
Pelatih: Joop Gall

Persela Lamongan (4-2-3-1): 33-Dwi Kuswanto; 31-Ricky Ohorella; 3-Demerson Costa, 2-M. Zaenuri (44-Andri Muliadi 83′), 82-Valentino Telaubun; 32-Syarif Wijianto (37-M. Nur Iskandar 57′), 6-Guilherme Batata; 8-Gian Zola, 30-Selwan Aljaberi (77-Malik Risaldi 46′), 78-Rachel Radiansyah (22-Riyatno Abiyoso 46′); 92-Jose Wilkson

Cadangan: 77-Malik Risaldi, 44-Andri Muliadi, 11-M. Nasir, 37-M. Nur Iskandar, 20-Abdul Rohim, 55-Takwir Rahman, 17-Mochammad Sandy Ferizal, 97-Ilham Fathoni, 22-Riyatno Abiyoso, 21-Risqki Putra Utomo
Pelatih: Ragil Sudirman