Timnas Indonesia Harus Waspada, Kuwait Perkenalkan Pelatih Anyar untuk Kualifikasi Piala Asia 2023

Asosiasi Sepak Bola Kuwait (KFA) resmi memperkenalkan Vitezslav Lavicka sebagai pelatih anyar Timnas Kuwait. Pelatih Ceska itu diikat kontrak jangka pendek sampai putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Ketua Dewan Direksi Federasi Kuwait, Sheikh Ahmed Al-Yousef Al-Sabah, mengumumkan penandatanganan pelatih Ceska Vitzlav Lavicka untuk memimpin pelatihan tim nasional senior sepak bola Kuwait,” bunyi pernyataan resmi KFA.

“Sheikh Ahmed Al-Yousef menyampaikan harapannya kepada staf teknik baru tim yang dipimpin oleh Lavicka untuk sukses, dan meminta mereka melakukan upaya maksimal untuk mencapai hasil positif,” tegas pernyataan tersebut.

Timnas Kuwait tergabung di Grup A bersama Yordania, Nepal, dan Timnas Indonesia. Penunjukkan Vitezslav Lavicka diharapkan bisa membantu Kuwait lolos ke Piala Asia 2023 yang digelar di China.

Vitezslav Lavicka langsung kembali ke Ceska untuk mengurus izin kerja. Rencananya perkenalan Vitezslav Lavicka akan dilakukan pekan depan.

Penunjukkan Vitezslav Lavicka tentu menjadi sinyal bahaya untuk Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti. Seperti diketahui, Vitezslav Lavicka merupakan pelatih berpengalaman dan pernah menukangi klub elite semisal Sparta Praha, Sydney FC, hingga Timnas Ceksa U-21.

Vitezslav Lavicka menyambut antusias penunjukkannya di Timnas Kuwait. Vitezslav Lavicka tak masalah mendapatkan kontrak jangka pendek dan akan membahas nasibnya usai Kualifikasi Piala Asia 2022.

“Kontraknya sangat pendek, akan tetapi ada kemungkinan bisa diperpanjang. Pada Juni, jika kami lolos dari Kualifikasi Piala Asia, kami akan duduk dengan perwakilan federasi dan membahas apakah melanjutkan kerja sama atau tidak,” tegas Vitezslav Lavicka.

Tugas Vitezslav Lavicka di Timnas Kuwait tentu tak mudah. Dengan keuntungan sebagai tim tuan rumah, Vitezslav Lavicka diharapkan bisa membantu Kuwait lolos.

Timnas Kuwait bukan lawan yang asing buat Timnas Indonesia. Sejauh ini, Timnas Indonesia tercatat sudah enam kali menghadapi Kuwait.

Timnas Indonesia hanya menang sekali, menelan dua kekalahan, dan tiga kali imbang melawan Kuwait. Jadi, bisa dipastikan duel melawan Kuwait bakal sengit.

Meskipun secara ranking FIFA Kuwait tak terlampau jauh dari Timnas Indonesia, yakni urutan ke-143. Adapun Timnas Indonesia berada di posisi 160.

Pada FIFA Matchday Maret nanti, Kuwait mengagendakan dua laga uji coba melawan tim Eropa, yakni Latvia (25/3/2022) dan Malta (29/3/2022). Timnas Indonesia akan menghadapi Kuwait pada laga pembuka putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8 Juni 2022. (Bola.com)