Madura United & Barito Putera Imbang, Persiraja Banda Aceh Terdegradasi

Hasil imbang 3-3 antara Madura United dan Barito Putera pada pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2021/22 di Stadion Dipta Gianyar, Rabu (9/3) malam WIB, membuat Persiraja Banda Aceh terdegradasi.

Raihan satu poin ini membuat Barito Putera mengumpulkan nilai 28. Kendati demikian, posisi Barito Putera tidak beranjak dari peringkat ke-15 klasemen sementara, atau satu tangga di atas zona degradasi. Barito Putera tertinggal satu angka dari Madura United yang berada di peringkat 14.
Pilihan Editor

Bagi Persiraja, hasil itu tentunya menyesakkan buat mereka, karena dipastikan terdegradasi sejak dini. Meski menyisakan satu pertandingan lebih banyak, Persiraja hanya bisa menyamai poin Barito Putera saati ini bila menyapu bersih seluruh laga.

Sesuai regulasi, posisi Barito Putera akan berada di atas Persiraja, karena Laskar Antasari unggul head-to-head. Dalam dua pertemuan musim ini, Barito Putera mengalahkan Persiraja 4-1, dan bermain imbang 1-1.

Walau membuat Persiraja terdegradasi, Barito Putera masih belum aman. Sebab, Persipura Jayapura dan Persela Lamongan masih mempunyai peluang untuk mengejar koleksi poin mereka.

Pertandingan antara Madura United dan Barito Putera berlangsung sengit. Kedua tim tidak ingin kehilangan poin demi melepaskan diri dari ancaman degradasi, sehingga laga berjalan menarik.

Barito Putera sudah membuka keunggulan ketika laga baru berjalan lima menit. Upaya Novan Setyo Sasongko menghalau bola justru mengenai Rafael Silva, dan membuat penyerang Barito Putera ini sukses menaklukkan Hong Jung-nam. Skor 1-0 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Barito Putera mengawali laga dengan baik. Mereka sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-51 melalui Guy Junior. Selepas itu saling kejar gol mewarnai pertandingan.

Mochamad Kevy Syahertian memperkecil ketertinggalan Madura United pada menit ke-74. Namun Barito Putera kembali memperbesar keunggulan lewat gol Renan Alves selang empat menit kemudian.

Di saat Barito Putera bersiap menyambut kemenangan, Madura United sukses mengubah keadaan. Alberto Goncalves mengubah papan skor menjadi 3-2 pada menit ke-81 sebelum akhirnya memaksa laga berakhir imbang ketika sukses menjadi algojo penalti menjelang laga berakhir.

Sementara pada pertandingan yang berlangsung sore hari, TIRA Persikabo memetik kemenangan 3-2 atas Persela Lamongan. Hasil itu menempatkan TIRA Persikabo di peringkat ke-11 dengan koleksi nilai 34. Sedangkan Persela tetap di zona merah, karena baru mengumpulkan 20 poin.

Andy Setyo sempat membawa TIRA Persikabo unggulan empat menit sebelum babak pertama berakhir. Tetapi Gian Zola berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-53 ketika menuntaskan umpan Rahel Radiansyah.

Didik Wahyu selanjutnya kembali membawa TIRA Persikabo unggul pada menit ke-64, dan Ciro Alves memperlebarnya di menit ke-84. Gol Riyatno Abiyoso satu menit menjelang laga usai hanya memperkecil kekalahan Persela.