Fokus Dongkrak Mental Pemain Persela Lamongan

Keinginan Persela lepas dari zona degradasi semakin sulit. Itu setelah takluk 2-0 Borneo FC, Sabtu malam (5/3). Persela belum beranjak dari posisi 17 dengan perolehan 20 poin klasemen sementara Liga 1.

Jalan Laskar Joko Tingkir semakin terjal, karena seri kelima hanya menyisakan lima pertandingan lagi. Yakni melawan Persikabo 1973, PSM Makassar, Bhayangkara FC, PSS Sleman, dan PSIS Semarang.

Padahal untuk bertahan di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut, Persela minimal harus mendapatkan 40 poin. Sementara hingga pekan ke-30 ini, Persela sudah 18 kali tanpa meraih kemenangan.

Karteker Persela Ragil Sudirman mengatakan, evaluasinya sama dengan pertandingan sebelumnya. Pemain selalu kehilangan konsentrasi di menit akhir. Sehingga kerap membuat kesalahan.

Akibatnya Persela kehilangan poin. Padahal, saat ini yang dibutuhkan kemenangan. Ketika disinggung mengenai penerapan strategi. Menurut dia, pemain sudah berusaha, tapi hasilnya masih kurang.

‘’Kita akan perbaiki di laga selanjutnya. Mudah-mudahan bisa memberikan hasil yang terbaik,” terang pelatih asal Karanggeneng, Lamongan itu.

Saat ini, lanjut dia, tim pelatih fokus untuk menaikkan mental pemain. Karena di sisa kompetisi ini, pemain harus memiliki semangat tinggi untuk menang. Sebab, waktu untuk memperbaiki klasemen tidak banyak. Ragil mengatakan, jika pemain memiliki keinginan besar untuk menang, maka tetap bisa dan masih ada peluang.

‘’Kita harus menang di sisa pertandingan ini, supaya bisa memperbaiki klasemen,” imbuhnya.

Ragil menjelaskan, pemain masih menjalani istirahat paska melawan Pesut Etam – julukan Borneo FC. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi dan latihan untuk persiapan melawan Persikabo di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Rabu depan (9/3).

Pemain hanya memiliki waktu dua hari untuk persiapan. Sehingga tim pelatih akan fokus perbaikan fisik, taktik, dan mental. Dari laporan tim medis sementara, tidak ada pemain yang cedera. Hanya Kahar yang kemarin masih belum fit. Sehingga tidak masuk daftar susunan pemain (DSP).

‘’Mudah-mudahan semuanya sehat dan hasil swab-nya nanti negatif,” harap Ragil. (rka/ind/Radar Lamongan)