Pelatih Persib Puji Cara Main Persiraja yang Membuat Maung Bandung Kesulitan

Persib Bandung mencatatkan kemenangan atas Persiraja Banda Aceh pada pekan ke-29 Liga 1 2021-2022.

Klub berjulukan Maung Bandung itu sukses mengunci tiga poin usai menumbangkan Persiraja dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan Persib masing-masing dibukukan oleh Frets Butuan (5′), Erwin Ramdani (20′), dan David da Silva (49′).

Adapun Persiraja hanya mampu membalas satu gol yang dibukukan Bruno Dybal pada menit ke-14.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts, puas dengan hasil yang diraih anak asuhnya. Menurutnya para pemain tampil impresif meski belum terlalu efektif memanfaatkan peluang menjadi gol.

Pasalnya, Persib mampu mendominasi permainan dan menciptakan banyak peluang berbahaya.

Maung Bandung seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol dalam laga yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (5/3/2022).

“Dalam hal dominasi dan situasi bahaya yang diberikan, kami lebih unggul. Seharusnya kami bisa mencetak gol lebih banyak dan membuat menjadi lebih mudah,” kata Alberts, seusai laga.

Lebih lanjut Alberts pun memuji permainan Persiraja yang mampu memberikan perlawanan sengit, hingga menyulitkan Persib.

Menurut pelatih 67 tahun itu, duel Persib vs Persiraja berlangsung menarik karena kedua kesebelasan sama-sama mengusung permainan terbuka.

Alhasil, laga berjalan menghibur, dengan banyaknya jual-beli serangan yang dilakukan kedua kesebelasan.

“Menurut saya ini laga yang menarik sebelum hujan deras mengguyur,” tegas Alberts.

“Persiraja mengubah cara bermain mereka dan sempat membuat kami kesulitan beberapa saat, mereka juga bisa mencetak gol cukup cepat setelah kami mencetak gol pembuka,” imbuh dia.

Dalam laga itu, Persib juga melakukan sejumlah rotasi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keseimbangan skuad untuk pertandingan berikutnya, menghadapi Arema FC.

Pasalnya ada tujuh pemain andalan Persib yang terancam sanksi akumulasi, bila mendapatkan kartu kuning dalam pertandingan melawan Persiraja.

Oleh karena itu sejumlah pemain seperti Victor Igbonefo hingga Febri Hariyadi tidak diturunkan sejak awal.

Bahkan nama-nama seperti Marc Anthony Klok, Frets Butuan, hingga David da Silva pun tidak diturunkan secara penuh. Ketiganya ditarik keluar pada awal babak kedua.

“Pertimbangan kami ialah bagaimana pemain tidak mendapatkan hukuman karena itu beberapa pemain tidak dipasang dari awal dan beberapa pemain ditarik keluar,” tutur Alberts.

“Dan melihat kondisi lapangan yang berat seperti hari ini dan hanya ada waktu jeda selama tiga hari, kami harus berusaha membuat pemain siap di pertandingan berikutnya,” tukas dia.

Kemenangan atas Persiraja membuat Persib tak beranjak dari posisi kedua. Mereka terus menempel ketat pemuncak klasemen, Bali United. (kompas)