Mau Adaptasi Lancar Di Tokyo Verdy, Pratama Arhan Cari Guru Bahasa Jepang

Perbedaan bahasa acap kali membuat pemain sulit beradaptasi dengan klub barunya. Tak mau mengalami situasi tersebut Pratama Arhan, mencari guru les bahasa Jepang.

Arhan direkrut klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy. Pesepakbola berusia 20 tahun tersebut kabarnya diberikan kontrak selama dua musim.

Tokyo Verdy, mendatangkan Arhan secara gratis. Klub lamanya, PSIS Semarang tidak meminta uang transfer karena mendukung kariernya di luar negeri.

Sejak awal PSIS mau melepas Arhan asalkan bermain di Jepang, Korea Selatan atau Eropa. Di luar itu, Mahesa Jenar tidak memperbolehkannya pergi.

“Sementara ini belum [belajar bahasa Jepang], tapi ke depannya pasti akan belajar bahasa Jepang. Saat ini sedang mencari guru les. Jadi nanti mungkin virtual belajar bahasanya,” kata Arhan.

Terkait permainan Tokyo Verdy, Arhan mengaku sudah tahu sedikit. Ia bertekad untuk menembus skuad inti dengan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik yang dimilikinya.

“Menurut saya permainan Tokyo Verdy bagus, kemarin dapat hasil yang baik juga, terus soal komunikasi dengan pelatih sebenarnya belum, cuma saya ada komunikasi dengan salah satu pemain di sana, Junki [Koike], pemain senior di sana,” ucapnya.

“Saya bakal memberikan yang terbaik agar bisa mendapat di tim inti. Kalau adaptasi saya akan menyesuaikan, semoga saja bisa lebih cepat dari yang saya pikirkan,” ia menambahkan.

Dijadwalkan Arhan dengan Tokyo Verdy pada pekan depan. Ia kini masih berada di Indonesia karena sedang mengurus visa dan izin kepindahannya ke Jepang.