Bali United Vs Persija: Teco Sorot Aura Juara Sudirman

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra memberikan perhatian lebih kepada kembalinya sosok Sudirman di kursi pelatih Persija Jakarta.

Stefano Cugurra melihat kehadiran Sudirman membawa aura juara Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 lalu.

Di bawah asuhan Sudirman, pelatih yang mengantongi lisensi A AFC, Persija Jakarta menjadi tim yang berbeda daripada sebelumnya, persisnya semasa masih diasuh Angelo Alessio.

Karena itu, Stefano Cugurra yang biasa disapa Teco merasa kemenangan Bali United atas Persija Jakarta di putaran pertama Liga 1 2021-2022 sudah tidak bisa lagi menjadi acuan.

“Di Piala Menpora mereka main bagus dan bisa juara. Setelah itu ada pergantian pelatih asal Eropa (Angelo Alessio). Meskipun punya CV dan kualitas bagus, tapi dia butuh waktu untuk adaptasi di Indonesia,” kata Teco.

“Sekarang balik yang pelatih juara Piala Menpora (Sudirman). Dia yang bawa banyak pemain muda berkualitas di Persija,” katanya lagi.

Sudirman atau yang biasa disapa “coach jenderal”, merupakan salah satu orang yang paling mengerti seluk beluk Persija Jakarta. Dia sudah menjadi bagian tim berjuluk Macan Kemayoran sejak 2009 meskipun sempat keluar.

Di awal kariernya musim 2009-2010, dia mendapatkan tugas sebagai asisten pelatih legendaris, Benny Dollo.

Kemudian setelah sempat pergi, Sudirman kembali pada 2016. Dia dipercaya untuk mengurus pemain semi profesional di Persija U-19 dan U-20 sampai tahun 2018. Setelah itu, dia kembali bertugas sebagai asisten pelatih.

Selama menjadi asisten pelatih, Sudirman ikut membantu beberapa pelatih asing untuk mengenal Persija Jakarta lebih dalam. Sejumlah pelatih yang terbantu dengan kehadiran Sudirman adalaj Julio Banuelos, Edson Tavares, Sergio Varias, dan terakhir Angelo Alessio.

Kemampuan Sudirman dalam memaksimalkan potensi pemain muda menjadi salah satu senjata Persija Jakarta saat ini.

Semenjak ditangani Sudirman pada pekan ke-21, Persija Jakarta baru mengalami dua kekalahan.

Stefano Cugurra pun coba mengantisipasi semua kemungkinan yang akan dibuat Sudirman bersama Persija Jakarta saat pertandingan di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Minggu (6/3/2022) besok.

“Kuncinya tetap di team work. Pemain berpikir positif untuk menjalani laga di putaran kedua. Kami juga berusaha membuat tim lebih nikmati latihan sama pertandingan,” ucap Teco mengakhiri.