Shin Tae-yong Yakin Pratama Arhan Bisa Bersinar di Jepang

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yakin dengan potensi Pratama Arhan. Ia mendukung pemain muda itu bersinar di klub J2 League Tokyo Verdy.

Pratama Arhan menjadi pemain kedua Indonesia era Shin Tae-yong yang bermain di Asia Timur. Sebelumnya sudah ada Asnawi Mangkualam yang bermain di Korea bersama Ansan Greeners.

Berbeda dengan Asnawi, Arhan dipantau langsung oleh Verdy yang sempat menyaksikan permainannya di Piala AFF 2020. Sedang Asnawi adalah rekomendasi dari Shin Tae-yong ke Ansan Greeners, peserta K League 2.

Meski begitu, tetap ada peranan Shin Tae-yong dalam pindahnya Arhan ke Tokyo Verdy. Tentu tak sebesar saat ia menjamin kualitas seorang Asnawi ke Ansan Greeners.

“Sebelum ke Tokyo Verdy memang arhan banyak diskusi dengan saya. Menurut saya Arhan ini disiplin,” kata Shin Tae-yong kepada wartawan, Rabu (2/3/2022).

“Jadi, bisa dipastikan bisa melawan (beradaptasi) dengan baik di sana. Sepakbola jepang itu sangat detail. Menurut saya semoga dia bisa belajar dengan baik di sana,” ujarnya.

Kepindahan Pratama Arhan ke Tokyo Verdy melanjutkan kisah lonjakan besar dalam karier profesionalnya. Ia belum genap bermain semusim di kompetisi level top (BRI Liga 1 2021) sebelum dipinang klub Jepang.

Pemain berposisi bek kiri bahkan belum mencatat penampilan di kompetisi resmi saat dipromosikan ke Timnas Indonesia senior pada 2021. Tapi Shin Tae-yong sudah melihat kemampuannya sejak menempanya di Timnas Indonesia U-19 yang sempat dipersiapkan ke Piala Dunia U-20 2021.

Diharapkan Shin Tae-yong, Arhan bisa makin berkembang dengan bermain di Jepang. Pemilik lemparan jarak jauh itu menjadi salah satu pemain favoritnya di Timnas Indonesia.

“Semoga bisa memberi contoh terbaik bagi sepakbola Indonesia. Pastinya saya percaya bisa menjadi pemain yang lebih fokus dalam pertandingan,” ucap Shin Tae-yong.