Menanti Kerja Sama Indonesia dengan Benfica dan FC Porto

Indonesia saat ini tengah membuka peluang untuk melakukan kerja sama dengan Portugal dalam ranah sepak bola.

Potensi ini diketahui setelah Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekretaris Jenderal Maaike Ira Puspita melakukan diskusi virtual dengan Duta Besar Portugal, Maria Joao Lopes-Cardoso.

Pembicaraan tersebut berkutat soal perkembangan sepak bola Indonesia serta pembahasan rencana kunjungan Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa pada Mei mendatang.

Mochamad Iriawan menuturkan bahwa pembahasan yang dilakukan dengan Maria Joao Lopes-Cardoso merupakan satu langkah bagus menuju kerja sama antara Indonesia dan Portugal.

“Hari ini saya berdiskusi banyak dengan Duta Besar Portugal di Indonesia, terkait beberapa poin penting menyangkut kerja sama yang mungkin bisa dilakukan oleh Portugal dan Indonesia, khususnya di ranah sepak bola,” kata Iriawan dikutip dari situs resmi PSSI.

“Diskusi dan komunikasi pada hari ini tentu menjadi langkah awal yang bagus untuk membuka pintu kerja sama antar dua negara dalam memajukan sepak bola,” ungkapnya.

Di sisi lain, Maria Joao Lopes-Cardoso menjelaskan bahwa kerja sama di bidang sepak bola antara Indonesia dan Portugal sangat mungkin dilakukan.

Kunjungan yang bakal dilakukan oleh Presiden Portugal ke Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dinilai bisa memperkuat kemungkinan agar kerja sama bisa dilakukan.

Selain itu, pihak kedutaan pun sudah membuka kontak dengan beberapa klub Portugal seperti Benfica dan FC Porto.

“Kami sudah berkomunikasi dengan federasi sepak bola Portugal serta beberapa klub seperti Benfica dan FC Porto,” kata Maria Joao Lopes-Cardoso.

“Mereka tertarik untuk menjalin kerja sama dengan federasi sepak bola Indonesia untuk ke depannya,” lanjutnya menjelaskan soal kemungkinan kerja sama Indonesia dan Portugal.

“Senang sekali saya bisa mendapatkan respon dari PSSI untuk berdiskusi hari ini,” kata dia mengakhiri.

Adapun Indonesia saat ini tengah dalam persiapan menuju perhelatan akbar sepak bola, Piala Dunia U20 2023.

Para pemain timnas U19 Indonesia pun saat ini sudah menjalani pemusatan latihan perdana di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (2/3/2022).