3 Kali Gagal Bertanding, Pelatih Madura United Mengeluhkan Jadwal BRI Liga 1

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, mengeluhkan jadwal padat BRI Liga 1 2021/2022. Hal ini juga dilatarbelakangi oleh gagalnya Madura United melakoni tiga pertandingan selama Februari 2022.

Laskar Sape Kerap memiliki dua laga yang berstatus tunda akibat sejumlah pemain dinyatakan positif COVID-19. Masing-masing pada pekan ke-22 dan ke-24, di mana Madura United seharusnya bersua dengan Persipura Jayapura (1/2/2022) dan Persija Jakarta (9/2/2022).

Madura United kemudian dijadwalkan melakoni laga tunda pekan ke-22 melawan Persipura pada Senin (21/2/2022). Tapi, status pertandingan ini tidak jelas, meski Persipura seharusnya dinyatakan kalah walkover karena tidak hadir dalam pertandingan itu.

“Orang yang tidak ikut bersama kami, mereka tidak tahu strategi kami. Di dalam satu minggu, ada beberapa pemain dan kami harus merencanakan jangka panjang. Ada tiga pertandingan tidak terjadi di bulan ini,” ucap Fabio Lefundes.

Akibatnya, performa Fachruddin Aryanto memang angin-anginan. Mereka sempat beberapa laga tak terkalahkan. Tapi, yang terbaru, Madura United gagal menang dalam dua laga beruntun, masing-masing kalah 0-1 dari Arema FC dan ditahan imbang 1-1 oleh Persita Tangerang.

Madura United masih menjadi klub yang tampil tidak konsisten di BRI Liga 1 2021/2022. Mereka kini terjebak di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan mengoleksi 30 angka dari 25 pertandingan.

Apa yang terjadi pada Madura United merupakan anomali. Biasanya, klub asal Pulau Garam itu selalu bersaing di papan atas Liga 1. Tapi, musim berbeda melihat mereka masih terjebak di papan tengah sampai memasuki pekan ke-27.

“Pertama melawan Persipura karena masalah COVID-19, setelah itu Persija yang punya masalah COVID-19. Terakhir melawan Persipura belum jelas seperti apa (statusnya). Itu yang mengganggu kami melakukan persiapan pertandingan,” tutur Fabio Lefundes.

“Kalau ada pertandingan, saya seharusnya bisa menyusun rencana di latihan. Kami kesulitan karena tiga pertandingan (tunda) ini. Orang yang tidak ikut di tim tidak mengerti kondisi itu,” imbuh pelatih asal Brasil itu.

Kini, di saat tim lain sudah melakoni 27 laga, Madura United baru bertanding sebanyak 25 kali. Artinya, Fabio Lefundes harus siap lagi menghadapi jadwal padat karena ada dua pertandingan tunda yang akan disisipkan di antara sisa laga lainnya.

Tantangan Madura United semakin tidak mudah karena mereka akan menghadapi klub tetangga Persebaya Surabaya di pekan ke-28. Duel bertajuk Derbi Suramadu ini bakal digelar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Senin (28/2/2022).

Persebaya jauh lebih unggul atas Madura United dalam Derbi Suramadu dari total 13 pertemuan di semua ajang. Bajul Ijo berhasil memenangi delapan di antaranya, dibanding Sape Kerap yang hanya menang sekali.