Jepang Tutup Perbatasan, Pratama Arhan Terkendala Gabung Tokyo Verdy?

Jepang saat ini sedang menutup perbatasan, bisa berdampak pada Pratama Arhan. Pemain yang direkrut Tokyo Verdy itu belum diketahui kapan bisa masuk ke Jepang.

Arhan masih memperkuat PSIS saat jumpa Borneo FC pada pekan ke-27 BRI Liga 1 2021, Kamis (24/2/2022). Padahal, sebelumnya ia sempat dikabarkan memainkan laga terakhirnya bersama PSIS saat jumpa Bali United, Minggu (20/2).

Tutupnya gerbang orang asing disinyalir menjadi penyebabnya. Faktanya, memang banyak pemain dan pelatih asing baru yang kesulitan masuk ke Jepang.

Tapi gerbang orang asing tetap dibuka buat pemain/pelatih yang sudah berkiprah di J.League sejak musim sebelumnya. Misalnya Chanathip Songkrasin yang sudah memperkuat klub barunya, Kawasaki Frontale, karena musim sebelumnya bermain untuk Hokkaido Consadole Sapporo.

“Dalam merespons Omicron, Perdana Menteri Fumio Kishida mengumumkan bahwa ia akan memperpanjang (penutupan) perbatasan, yang melarang pintu masuk orang asing, sampai akhir Februari,” tulis pemberitaan di laman Yahoo berbahasa Jepang soal penutupan perbatasan Negeri Sakura.

Terkini, Arhan dikabarkan sudah meninggalkan PSIS dan Pulau Bali. Ia akan menunggu di Jakarta untuk menunggu pengurasan administrasinya beres.

“Hari ini Arhan bertolak dari Bali ke Jakarta untuk persiapan berangkat ke Jepang. Safe flight, Arhan! Gapai cita-citamu setinggi mungkin di negeri orang!” tulis PSIS di akun media sosial klub.

Rencana awalnya, Arhan berangkat ke Jepang pada, Jumat (25/2). Hal itu diketahui dari postingan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat melakukan video call dengan bek kiri pemilik lemparan jarak jauh itu. (detik.com)