Nangkring di 3 Besar, Pelatih Persib Bandung Jaga Optimisme Juara Liga 1

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, merasa optimis timnya bisa meraih hasil maksimal pada laga sisa putaran kedua dan meraih gelar juara kompetisi Liga 1 2021-2022.

Rasa optimis pelatih asal Belanda ini, disampaikan setelah skuat Persib Bandung berhasil menaklukkan PSM Makassar dengan skor 2-0 pada pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 2021-2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (22/02/22).

Dengan kemenangan atas PSM, skuat Maung Bandung saat ini berada di peringkat tiga klasemen sementara dengan mengoleksi 53 poin dan sudah melakoni 26 pertandingan.

“Sebagai pelatih tentu harus merasa optimis di setiap laga, optimis bahwa kami bisa menjadi juara,” kata Robert Alberts saat konferensi pers secara virtual setelah pertandingan.

Meski optimistis, Robert Alberts menilai tidak mudah untuk meraih hasil maksimal di sisa pertandingan dan menjadi juara di kompetisi BRI Liga 1 2021-2022. Pasalnya, ada beberapa rintangan yang harus dihadapi, di antaranya jadwal yang sangat padat.

“Tapi ada banyak hal yang mempengaruhi dari luar yang tidak bisa dikendalikan. Kami melakukan pekerjaan dengan jujur, mempersiapkan tim, kami jika melihat jadwal yang waktu jedanya hanya 2-3 hari, itu seakan seperti ‘sepak bola yang membunuh’,” ungkap Robert Alberts.

Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 beberapa pemain sempat terpapar Covid dan harus menjalani karantina serta absen dalam pertandingan. Setelah mereka pulih, butuh waktu untuk mengembalikan kondisi kebugarannya.

Sehingga, beberapa rintangan tersebut menurut Robert Alberts harus bisa dihadapi oleh setiap tim termasuk skuat Maung di kompetisi Liga 1 2021-2022.

“Jadi kami selalu optimis ketika masuk ke lapangan, tapi bisa dilihat bagaimana kualitas pertandingan malam ini, kedua tim kelelahan dan level permainan keduanya rendah. Tapi ini di luar kendali kami, kami mengikuti apa yang harus kami lakukan,” ucapnya.

“Kini kami memaksakan pemain yang baru pulih dari covid untuk bermain sangat cepat yang mana dari sudut pandang medis itu tidak boleh dilakukan. Setelah covid, seharusnya ada waktu untuk pemulihan tapi itu tidak bisa dilakukan karena kami dituntut untuk menang. Itu tidak logis. Kami optimis, begitu juga tim lain, tapi situasi yang ada sekarang sangat sulit,” ujar Robert Alberts.

Persib Bandung asuhan Robert Rene Alberts akan melanjutkan perjuangan di pekan ke-27 Liga 1 2021/22 dengan menghadapi Persela Lamongan, Jumat (25/02/22) pukul 18.15 WIB.