Komdis PSSI Akan Sidangkan Kasus Persipura Tak Datang ke Stadion

Komite Disiplin (Komdis) PSSI segera menggelar sidang soal kasus mogok bermain Persipura Jayapura. Mutiara Hitam diberi kesempatan untuk memberikan keterangan.

Persipura Jayapura seharusnya bertanding melawan Madura United pada laga tunda pekan ke-22 BRI Liga 1 2021, Senin (21/2/2022). Namun Persipura tak kunjung datang sampai menjelang kick off dilakukan.

Diketahui, Persipura mengajukan penundaan laga dengan alasan menjaga asas fairness lantaran kehilangan beberapa pemainnya akibat COVID-19. Tapi permintaan itu ditolak PT LIB karena Persipura dianggap masih punya cukup skuad, yakni 21 pemain negatif COVID-19 sebagaimana hasil tes sebelum laga.

PT LIB tak bisa memberikan sanksi ke Persipura karena regulasi Liga 1 2021 tak membahas soal ketidakhadiran klub ke stadion yang menyebabkan laga tak terlaksana. Tapi masalah ini diatur di Kode Disiplin pasal 58 yang menjadi wewenang Komdis PSSI.

“Untuk saat ini belum diserahkan (laporan dari PT LIB), jadi nanti. Kami menunggu, begitu diserahkan kami akan menggelar sidang sesegera mungkin, bisa saja malam ini,” kata Ketua Komdis PSSI Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing, kepada detikSport.

Erwin belum bisa berandai-andai tentang sanksi yang akan dijatuhkan ke Persipura. Menurutnya, Komdis PSSI belum bisa menilai masalah ini secara jernih karena belum ada keterangan dari kedua pihak.

Sejauh ini Persipura memang memilih diam soal ketidakhadiran mereka di stadion. Baru ada keterangan dari PT LIB selaku penyelenggara dan Madura United yang menjelaskan kronologi mereka datang ke stadion hingga menunggu kehadiran Persipura.

“Jadi begini, kami belum tahu. Kalau betul Persipura minta penundaan, itu akan kami pelajari. Kapan dia mintanya, apakah mendadak, apa alasannya menunda,” ujar Erwin.

“Kan ada ketentuan-ketentuannya. Misal alasannya ada pemain kartu kuning, atau ada yang sakit. Itu harus dijelaskan siapa pemainnya, berapa orang,” ucapnya. (detik.com)