Duel Shin Tae-Yong Versus Kim Pan-Gon Urung Terwujud

Harapan untuk melihat duel antara pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dan arsitek baru Malaysia Kim Pan-gon di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni tahun ini gagal terwujud.

Konfederasi sepakbola Asia (AFC) hari ini telah merilis penentuan peringkat untuk menentukan posisi 24 negara di babak ketiga kualifikasi, serta penetapan enam tuan rumah, yakni Uzbekistan, Kyrgyzstan, India, Kuwait, Malaysia, dan Mongolia. Setiap grup nantinya akan berisikan empat negara.

Dari penentuan peringkat itu, Indonesia dan Malaysia berada di pot 3 bersama Afghanistan, Yaman, Myanmar, dan Maladewa. Sedangkan pot 1 ditempati Uzbekistan, Kyrgyzstan, India, Bahrain, Yordania, dan Palestina.

Sementara pot 2 ditempati Kuwait, Thailand, Tajikistan, Filipina, Turkmenistan, Hong Kong. Pot 4 diisi Mongolia, Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Undian babak ketiga kualifikasi akan dilakukan pada 24 Februari. Pengundian diawali dengan penentuan posisi tim tuan rumah, dan diikuti negara yang berada di pot 4. Dalam keputusannya, AFC menempatkan tuan rumah di grup berbeda demi menghindari mereka berada di grup yang sama.

Uzbekistan, Kyrgyzstan, dan India yang berada di pot 1 akan ditempatkan di posisi pertama di tiga grup berbeda. Sedangkan Kuwait ada di posisi kedua, Malaysia (ketiga), dan Mongolia (keempat).

Juara grup dan lima runner-up terbaik dipastikan merebut tiket ke putaran final di Tiongkok pada tahun depan bergabung bersama 13 negara lainnya, termasuk tuan rumah, yang terlebih dulu lolos berdasarkan hasil di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022.

Mengingat babak ketiga kualifikasi digelar secara terpusat di tengah pandemi COVID-19, tidak ada format kandang dan tandang. Tiap negara hanya bertanding tiga kali, yakni pada tanggal 8, 11, dan 14 Juni, sehingga satu kekalahan saja bisa membuat peserta tersingkir.

Berikut pembagian pot babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023:

Pot 1: Uzbekistan, Kyrgyzstan, India, Bahrain, Yordania, Palestina.

Pot 2: Kuwait, Thailand, Tajikistan, Filipina, Turkmenistan, Hong Kong.

Pot 3: Malaysia, Afghanistan, Yaman, Myanmar, Maladewa, Indonesia.

Pot 4: Mongolia, Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Sri Lanka.