Clean Sheet Hong Jeong-nam Buat Pelatih Madura United Puas

Penjaga gawang Madura United, Hong Jeong-nam, menorehkan catatan baru di BRI Liga 1 2021/2022. Kiper asal Korea Selatan itu mampu membukukan clean sheet pertamanya di pekan ke-25.

Itu terjadi saat Madura United menang 1-0 atas Persiraja Banda Aceh di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Senin (14/2/2022) malam. Laga itu menjadi kali pertama buat Hong Jeong-nam tidak kebobolan.

Kiper berusia 33 tahun itu tercatat baru membukukan dua pertandingan di BRI Liga 1. Artinya, dia dengan mudah nyetel di Madura United karena baru didatangkan untuk putaran kedua. Lantas, bagaimana respons pelatih Fabio Lefundes?

“Saya sudah kenal dengan (Hong) Jeong-nam. Saya pernah main sama dia di sebuah tim di Korea Selatan. Saya tidak kaget melihat performanya,” ungkap pelatih asal Brasil itu.

Berkat kemenangan atas Persiraja Banda Aceh, Madura United untuk sementara menduduki peringkat ke-11 dengan mengoleksi 29 poin dari 23 pertandingan. Berikutnya mereka dijadwalkan menghadapi Arema FC dalam pekan ke-26, Sabtu (19/2/2022).

Fabio Lefundes dan Hong Jeong-nam memang tercatat pernah membela klub yang sama di Korea Selatan. Itu tidak lepas catatan karier Hong yang masuk skuat Jeonbuk Hyundai, klub K-League, pada 2007-2022.

Selama sekitar 15 tahun bersama klub itu, Hong Jeong-nam ikut menjuarai delapan gelar K-League, kompetisi kasta tertinggi Korea Selatan. Prestasinya yang paling gemilang adalah masuk skuat saat menjadi kampiun Liga Champions Asia 2016.

Tapi, Hong Jeong-nam bukanlah kiper utama di klub yang berdiri sejak 1994 itu. Sebab, dia hanya mampu membukukan 38 penampilan saja selama 15 tahun menjadi bagian dari Jeonbuk Hyundai.

Di sisi lain, Fabio Lefundes masuk dalam jajaran pelatih Jeonbuk Hyundai pada 2011-2017. Sempat jadi pelatih fisik dan caretaker, karier pelatih berusia 49 tahun itu banyak dihabiskan dengan jabatan asisten pelatih.

Hong Jeong-nam sendiri didatangkan oleh Madura United untuk mengisi slot pemain Asia sekaligus meramaikan persaingan penjaga gawang. Sosok Muhammad Ridho kini tak lagi bisa tenang karena ada pesaing utama di bawah mistar.

“Dia (Hong Jeong-nam) tahu harus menampilkan performa bagus karena ada kiper lain yang siap menggesernya. Kalau dia bisa terus tampil bagus, dia bisa bertahan dan bisa terus mendapat kesempatan bermain,” imbuh Fabio Lefundes.