Hasil BRI Liga 1: Ciro Alves Menggila, Persikabo Pesta ke Gawang PSM

Persikabo 1973 berpesta gol pada pekan ke-25 BRI Liga 1 2021/2022. Mereka menang tiga gol tanpa balas alias 3-0 atas PSM Makassar di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Selasa (15/2/2022) sore.

Tak butuh waktu lama buat Persikabo 1973 untuk bisa memberi ancaman kepada PSM. Di menit kelima, bek kanan Persikabo Birrul Walidain melakukan tembakan pertama yang sayangnya belum menemui sasaran.

PSM tidak ketinggalan dengan berusaha memberi ancaman pula. Bek kanan Zulkifli Syukur memberi umpan manis kepada Anco Jansen yang menghasilkan tembakan ke gawang di menit kesembilan. Sayang, masih bisa diamankan kiper Syahrul Trisna.

Hanya dua menit berselang, Juku Eja kembali membuat barisan pertahanan Persikabo kerepotan. Kali ini Prisca Womsiwor yang memanfaatkan umpan dari Aditya Putra Dewa. Namun, tembakannya tidak mengarah ke gawang.

Persikabo 1973 mencetak gol pertamanya di menit ke-27. Ini berkat aksi Munadi yang memberi bola kepada penyerang Ciro Alves. Pemain asal Brasil itu sukses memperdaya Hilman Syah yang sekaligus membuka kran gol laga ini.

Dalam kondisi unggul, Laskar Pajajaran masih tampil agresif. Di menit ke-41, Dimas Drajad hampir menggandakan keunggulan berkat umpan Munadi. Sayang, tembakannya bisa diamankan. Babak pertama berakhir 1-0 untuk Persikabo.

Tak butuh waktu lama lagi untuk Persikabo mencetak gol di babak kedua. Ciro Alves kembali mencatatkan namanya di papan skor berkat assist dari Aleksandar Rakic di menit ke-47. Dalam sekejap, mereka sudah unggul 2-0.

PSM berusaha memberi tekanan balik karena sudah tertinggal dua gol. Kerja sama Wiljan Pluim dan Arfan mampu membuat pertahanan Persikabo kerepotan di menit ke-49. Tapi sepakan Pluim bisa dihalau.

Munadi yang tampil sangat apik di lini tengah Persikabo pada babak pertama juga ingin mencoba melepas tembakan. Dia mampu memanfaatkan umpan dari Manahati Lestusen di menit ke-57. Tapi, tembakannya melambung.

Persikabo masih terus tampil sebagai tim yang agresif meski unggul dua gol. Kali ini giliran Firza Andika yang mencoba mengumpan kepada Shumeiko Veniamin di menit ke-66. Bola belum mengarah ke gawang.

Manahati Lestusen dkk. akhirnya bersorak lagi. Ciro Alves kembali jadi aktornya berkat mencuri bola dari lawan dan memberi umpan terobosan kepada Rakic. Striker asal Serbia itu pun sukses melepas tembakan yang merobek gawang PSM di menit ke-82.

Wasit Iwan Sukoco pun meniup peluit panjang dengan kedudukan akhir 3-0 untuk Persikabo. Tambahan tiga poin tetap membuat Persikabo menghuni peringkat ke-14 (27 poin). Sedangkan PSM tertahan di posisi ke-12 (28 poin).

Susunan Pemain

Persikabo (4-3-3): Syahrul Trisna (kiper); Birrul Walidain, Shumeiko Veniamin, Lucky Octavianto, Firza Andika (belakang); Manahati Lestusen, Munadi, Siarhei Pushniakov (tengah); Dimas Drajad, Aleksandar Rakic, Ciro Alves (depan)
Pelatih: Liestiadi
PSM (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Adam Mitter, Ganjar Mukti, Aditya Putra Dewa (belakang); M. Arfan, Prisca Womsiwor, Wiljan Pluim (tengah); Rizky Pratama, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan)
Pelatih: Joop Gall