Putu Gede Minta PSS Pertahankan Daya Juang Setelah Kalahkan Barito

PSS Sleman mengakhiri tren buruk yang mereka alami dalam beberapa laga terakhir di BRI Liga 1. Menghadapi Barito Putera di Stadion Kompyang Sujana, Minggu (6/2/2022) malam WIB, PSS menang tipis 1-0.

Gol tunggal Elang Jawa di laga ini dicetak oleh penyerang asing mereka, Wander Luiz. Tandukan Luiz pada menit ke-57 tak bisa dibendung kiper Barito, Kurniawan Kartika Ajie.

Sebelum mengalahkan Barito Putera, PSS menjalani empat laga tanpa kemenangan. Dalam empat laga itu, PSS kalah tiga kali dan hanya sekali meraih hasil imbang.

Kemenangan itu juga membuat PSS Sleman kembali ke posisi 10 besar tepatnya di posisi 10 klasemen sementara BRI Liga 1 2021/22. PSS punya 28 poin dari 23 laga.

Di sisi lain, posisi Barito Putera kian terancam. Mereka tertahan di posisi ke-17 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 16 poin.

Pelatih PSS Sleman, I Putu Gede bersyukur dengan kemenangan ini. Apalagi di beberapa laga terakhir, Elang Jawa memang kesulitan untuk meraih kemenangan.

Satu hal yang membuat Putu bangga adalah daya juang sukad asuhannya yang luar biasa. Apalagi di laga ini, PSS harus bermain dengan 10 pemain setelah Aaron Evans menerima kartu merah di pertengahan babak kedua.

“Astungkara, Alhamdulillah kami dapat tiga poin. Jalannya laga tidak menarik setelah Evans keluar. Berubah semua rencana,” ujarnya.

“Tapi hari ini para pemain luar biasa, apresiasi banget buat mereka. Saya harap kedepan daya juang pemain tetap seperti ini,” tandas pelatih berusia 48 tahun itu.

Lebih lanjut, I Putu Gede juga menyebut kemenangan ini jadi modal penting bagi skuad asuhannya. Apalagi di laga selanjutnya, PSS akan berhadapan dengan tim papan atas, Persib Bandung.

“Kemenangan ini jadi modal kedepan secara mental sudah ada perubahan terutama kita setelah di babak kedua di awal-awal kita kecolongan tapi ini ada perubahan dari sisi mental,” ujar Putu.

Namun, Putu belum mau terlalu memikirkan Persib. Ia ingin melihat kondisi tim asuhannya terlebih dahulu.

“Saya belum berpikir soal Persib, mau lihat pemain dulu. Apalagi ada pemain yang masih positif, beberapa pemain juga nggak bisa terlibat pertandingan. Hari ini luar biasa pemain kembali ke jati dirinya,” tandasnya.