8 Pemain Timnas U-23 Indonesia Punya Kans Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil sejumlah pemain muda untuk mengikuti pemusatan latihan sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-23 2022.

Setidaknya, dari 29 nama yang mendapatkan panggilan timnas U-23 Indonesia, delapan di antaranya masih berusia di bawah 20 tahun.

Itulah sebabnya, skuad yang dibentuk oleh Shin Tae-yong yang terdiri dari 29 nama pemain untuk menghadapi Piala AFF U-23 2022 itu rata-rata berusia 20 tahun.

Delapan pemain yang usianya masih di bawah 20 tahun ini juga berpeluang besar untuk memperkuat timnas U-20 Indonesia pada Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Sebagian besar pemain-pemain ini memang sempat masuk proyeksi turnamen itu. Mereka juga sempat mengikuti pemusatan latihan intensif di Turki pada akhir tahun lalu.

Pemain-pemain yang dimaksud antara lain Cahya Supriyadi (Persija Jakarta), Kakang Rudianto (Persib Bandung), dan Muhammad Ferarri (Persija Jakarta).

Selain itu, ada pula Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Subhan Fajri (Persiraja Banda Aceh), dan Ronaldo Kwateh (Madura United).

Selain keenam nama pemain yang disebut di atas, masih ada dua pemain lain di skuad timnas U-23 Indonesia yang memenuhi syarat untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20.

Kedua pemain yang dimaksud yakni Komang Teguh (Borneo FC) dan Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura). Mereka sama-sama berusia 19 tahun.

Salah satu parameter yang digunakan untuk menentukan kelayakan usia pemain-pemain ini merujuk pada regulasi FIFA.

Dalam pasal 24 Ayat 2, FIFA berbunyi bahwa: “Semua pemain harus berusia maksimal dua 20 tahun pada akhir tahun kalender kompetisi tersebut dimainkan.”

Dengan demikian, apabila gelaran Piala Dunia U-20 berlangsung pada 2023, maka yang bisa didaftarkan adalah pemain yang berusia maksimal 20 tahun pada tahun itu.

Tentu saja, delapan pemain berusia di bawah 20 tahun di skuad Garuda Muda ini harus terus mengasah kemampuan mereka.

Sebab, apabila performa mereka tak menampakkan perkembangan, bukan tidak mungkin Shin Tae-yong akan mencoretnya dan mencari nama pengganti.

Berikut 8 Pemain timnas U-23 Indonesia yang punya kans tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Cahya Supriadi (18 tahun)
Kakang Rudianto (19 tahun)
Muhammad Ferrari (18 tahun)
Marselino Ferdinan (17 tahun)
Komang Teguh (19 tahun)
Subhan Fajri (18 tahun)
Ronaldo Kwateh (17 tahun)
Ramai Rumakiek (19 tahun)