Wander Luiz Belum Juga Cetak Gol untuk PSS, Putu Gede Berikan Pembelaan

PSS Sleman menelan kekalahan tipis 0-1 dari Persebaya Surabaya pada pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/22.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada Sabtu (29/1/2022) petang WIB lalu, gol tunggal Persebaya dicetak oleh Taisei Marukawa.

Di laga itu PSS sebenarnya tampil lebih dominan dari Persebaya. Mereka menguasai penguasaan bola hingga mencapai 53 persen.

PSS Sleman punya enam kali menembak ke gawang Persebaya pada laga ini. Namun, hanya tiga yang tepat sasaran.

Ada satu pemain PSS yang mendapatkan kritik di laga ini. Pemain yang dimaksud adalah Wander Luiz. Penyerang asal Brasil itu belum juga mencetak gol untuk Elang Jawa.

Padahal, eks pemain Persib Bandung itu sudah berlaga di tiga pertandingan untuk PSS Sleman. Jumlah golnya pun masih tertahan di posisi enam gol. Semuanya ia cetak saat masih berseragam Persib.

Namun, masih mandulnya Wander Luiz ini mendapatkan pembelaan dari pelatih PSS Sleman, I Putu Gede. Menurut Putu, Luiz sempat memiliki beberapa momen bagus di laga melawan Persebaya.

Lebih lanjut, Putu Gede juga menyebut para pemain lain di skuad PSS sudah coba memberikan pelayanan yang cukup baik kepada Luiz. Seperti memberikan umpan-umpan matang.

Secara umum, Putu Gede tetap memberikan apresiasi terhadap penampilan Wander Luiz di pertandingan itu.

“Wander Luiz ada beberapa momen, kami coba fasilitasi dengan melakukan lebih banyak crossing, karena dia tidak bisa ke belakang untuk jemput bola ya, kami tetap apresiasi,” ujar dia.

Sembari menanti datangnya ketajaman Wander Luiz, I Putu Gede sepertinya bisa mulai memikirkan opsi lain untuk lini depannya. Di tiga laga terakhir, Putu selalu memasang Wander Luiz di posisi penyerang.

Bisa saja, di laga selanjutnya Putu mengistirahatkan dulu pemain Brasil itu. Ia bisa kembali memasang Riki Dwi Saputro yang sudah membuktikan ketajamannya bersama PSS.

Putu juga bisa memiliki opsi yang lain. Seperti menempatkan Rifaldi Bawuo di posisi penyerang tengah. Dengan didampingi Irkham Milla dan Riki Dwi yang bisa bermain di posisi winger.

Selain itu, Putu juga bisa menggunakan opsi untuk memasang formasi dua striker. PSS belum melakukan hal itu di musim ini. Elang Jawa biasa bermain dengan pola 4-3-3 atau 4-2-3-1 sepanjang musim ini.