PSSI Kabarkan 19 Pemain Madura United Positif COVID-19, Total 24 Orang

PSSI mengabarkan bahwa 19 pemain plus beberapa ofisial Madura United positif COVID-19 hingga totalnya menjadi 24 orang. Kondisi ini yang menyebabkan partai tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu kontra Persipura Jayapura ditunda.

“Sebanyak 19 pemain plus ofisial Madura United positif COVID-19, sehingga total ada 24 orang,” tulis PSSI dalam narasi pemberitaan di lamannya.

Madura United seharusnya menantang Persipura dalam pekan ke-22 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Selasa (1/2/2022) pukul 15.15 WIB.

Wakil Ketua PSSI, Iwan Budianto, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar rapat darurat pada Minggu (31/1/2022) malam WIB. Rapat berlanjut hingga keesokan harinya hingga pukul 09.00 WIB.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menjadwalkan ulang laga Persipura kontra Madura United karena Laskar Sapeh Kerrab kehilangan hampir 80 persen pemainnya.

Merujuk kepada Regulasi BRI Liga 1 pasal 52 terkait hasil tes COVID-19 dan eligibilitas, partai Persipura melawan Madura United dapat ditunda.

“Ayat ketujuh berbunyi dalam keadaan luar biasa, di mana setelah tes swab rapid antigen pada hari pertandingan membuat klub yang akan bertanding hanya menyisakan kurang dari 14 pemain (termasuk satu di antaranya adalah penjaga gawang), maka PT LIB dan PSSI segera menggelar rapat darurat untuk memberikan keputusan dalam tempo cepat dan setiap Keputusan bersifat final,” imbuh PSSI.

Berdasarkan referensi dari regulasi itu, PSSI dan PT LIB memutuskan untuk menjadwalkan ulang partai Persipura kontra Madura United.

“Setelah melapor ke Ketua PSSI, akhirnya diambil kesimpulan Madura United dan Persipura sepakat pertandingan ditunda demi memutus rantai COVID-10. Pertandingan tunda akan dijadwalkan dan diinfo sesegera mungkin,” tutur Yunus Nusi.

1. PT LIB tetap akan melakukan tes PCR ulang pada 1 Februari 2020 pagi WITA kepada seluruh pemain dan ofisial Madura United yang positif COVID-19.

2. PT LIB akan menggelar rapat darurat dengan Madura United dan Persipura pada Selasa, 1 Februari pukul 09:00 WIB.

3. Sebelumnya, PT LIB berkomunikasi dengan Madura United. Berdasarkan Pasal 52 ayat 5 di atas, maka kami komunikasi terkait kemungkinan mendatangkan pemain lain di luar yang ada di Bali. Namun, dari jawaban lisan disampaikan bahwa waktu terlalu singkat dan hal tersebut tidak mungkin dilakukan menjelang pertandingan.

4. Maka, ada dua opsi keputusan tergantung pada hasil tes PCR ulang pada 1 Februari 2022 pagi WITA. Pertama, pertandingan akan ditunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan, dengan beberapa konsekuensi logis yang akan disampaikan, seperti akhir Kompetisi akan lewat dari Maret 2022. Kedua, jika hasil tes PCR menunjukkan hasil ada pemain minimal 14 pemain tersedia (termasuk penjaga gawang), maka pertandingan akan dilaksanakan.

5. Seluruh prosedur ini dilakukan sesuai regulasi, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada klub peserta lain maupun publik.