Timnas Indonesia Remuk Di Piala Asia Wanita, Rudy Eka Ucapkan Maaf

Timnas wanita Indonesia hancur lebur di Piala Asia Wanita 2022. Pelatih skuad Garuda Pertiwi Rudy Eka Priyambada, menyampaikan permohonan maaf atas hasil tersebut.

Dalam tiga pertandingan yang dimainkan di Piala Asia Wanita 2022, timnas wanita Indonesia gagal mendapat satu poin pun. Pada laga terakhir Grup B, Zahra Musdalifah dan kawan-kawan dikalahkan Filipina enam gol tanpa balas, Shree Shiv Chhatrapati Sports Complex, Pune, India, Kamis (27/1).

Sebelumnya, timnas wanita Indonesia dibekuk Australia 18-0 dan Thailand 4-0. Total Srikandi Merah Putih menelan kebobolan 28 gol serta menempati posisi juru kunci klasemen Grup B tanpa poin.

“Saya ingin meminta maaf kepada masyarakat dan pencinta sepakbola Indonesia. Maafkan atas hasil ini,” kata Rudy usai pertandingan melawan Filipina.

Rudy menyatakan buruknya hasil yang diterima karena kurang pengalaman bertanding di level internasional. Para pemain timnas wanita Indonesia jadi kaget menghadapi lawan-lawan yang dihadapi.

“Akhirnya kami kalah, kehilangan konsentrasi, dan kehilangan semuanya karena mental pemain jatuh. Ini memang menjadi evaluasi kami untuk kompetisi berikutnya,” ucapnya.

Kendati demikian, Rudy mengatakan kegagalan di Piala Asia Wanita bukan akhir segalanya. Ia mau para pemain timnas wanita Indonesia menjadikan pengalaman dari ajang tersebut sebagai pelajaran dan harus bangkit.

Oleh karena itu, Rudy berkeinginan sepakbola wanita Indonesia lebih diperhatikan. Mengingat selama ini PSSI kurang mengasih atensi kepada mereka.

“Upaya untuk sepakbola wanita tak bisa dilakukan sendiri. Harus ada kerja sama dengan banyak pihak. Yang jelas, timnas putri Indonesia bermimpi dapat bertanding lagi di Piala Asia berikutnya,” ujarnya. (goal.com)