Sudirman Sebut Taufik Hidayat Punya Kelebihan Dibanding Marko Simic

Debut Sudirman sebagai pelatih Persija Jakarta berjalan mulus. Ia mengantarkan Macan Kemayoran meraih kemenangan 2-1 atas Persita Tangerang di Stadion Kompyang Sujana, Gianyar, Rabu (26/1).

Hasil tersebut sekaligus memutus tren tidak menang Persija. Pada pertandingan sebelumnya klub asal ibu kota tersebut dikalahkan Persipura Jayapura 2-1 dan ditahan Persela Lamongan 1-1.

Bagi Sudirman, kemenangan yang diraih Persija tidak didapat dengan mudah. Seluruh pemain bekerja keras untuk meraup poin penuh dalam pertandingan tersebut.

“Para pemain tampil spartan, agresif dan kompak. Mereka bertahan bersama-sama. Pertandingan ini tidak ringan karena Persita memiliki motivasi yang tinggi,” kata Sudirman.

Selain itu, Sudirman menjelaskan alasannya menarik Marko Simic dan memainkan Taufik Hidayat. Ia menyebut keputusannya itu murni karena kebutuhan strategi.

Dimainkannya Taufik terbukti tepat. Pesepakbola berusia 22 tahun tersebut mencetak gol kemenangan Persija pada menit ke-69 atau lima meni usai masuk ke lapangan.

“Semua pemain punya kelebihan masing-masing termasuk Simic dan Taufik. Tipe Simic lebih ke goal getter dan dia sering membuat gol dari peluang seperti melalui umpan silang,” ucapnya.

“Taufik memiliki kemampuan yang bagus dalam penguasaan bola dan mencari ruang sempit di antara bek lawan. Jadi saya mengubah taktik agar strategi kami tak terbaca lawan,” ia menambahkan.

Sementara Taufik merasa senang dengan kemenangan tersebut. “Semoga ini menjadi awal yang baik buat tim,” ujar Taufik.

Tambahan tiga poin tersebut membawa Persija menempati peringkat enam klasemen. Juara Piala Menpora 2021 itu mengumpulkan 32 angka dari 21 pertandingan yang dimainkan.