Kinerja Bintang Piala AFF 2020 saat Timnas Indonesia Tekuk Timor Leste: Arhan dan Kambuaya Oke, Lainnya di Bawah Standar

Timnas Indonesia meraih kemenangan besar 4-1 saat menghadapi Timor Leste dalam laga uji coba internasional, Kamis (27/1/2022) malam WIB lalu.

Pada laga itu empat gol Timnas Indonesia dicetak oleh Ricky Kambuaya dan Pratama Arhan. Sementara dua gol yang lain berkat gol bunuh diri dua pemain belakang Timor Leste.

Shin Tae-yong menurunkan perpaduan pemain yang berlaga di Piala AFF 2020 lalu dengan para pemain yang baru dipanggil.

Menggunakan formasi awal 4-3-3, Shin memainkan Syahrul Trisna di posisi penjaga gawang. Pemain debutan Sani Rizki langsing dipasang di posisi bek kanan.

Sementara itu para pemain langganan starter di maupun jadi bagian dari skuad Piala AFF 2020 lalu juga dimainkan sejak awal. Sebut saja trio gelandang Evan Dimas, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto. Pun demikian dengan duo bek tengah Fahrudin Aryanto dan Alfeandra Dewangga.

Pada babak pertama Shin memilih untuk memasang kuarter Sani Rizki, Alfeandra Dewangga, Fachrudin Aryanti, dan Edo Febriansyah sejak awal laga.

Namun, kuartet bek ini bisa dikatakan tampil di bawah standar. Terutama penampilan Dewangga dan Edo.

Satu-satunya gol Timor Leste yang dicetak Paulo Gali di akhir babak pertama bisa dikatakan berkat kontribusi keduanya yang tak bisa mengantisipasi serangan balik cepat lawan.

Shin Tae-yong sadar betul akan hal itu. Di awal babak kedua ia menarik keluar Edo dan memasukkan Pratama Arhan.

Secara umum penampilan Timnas Indonesia di laga ini memahami mengalami perbaikan di babak kedua. Salah satu penyebabnya adalah gol balasan yang dicetak oleh Ricky Kambuaya.

Ricky yang melakukan kombinasi dengan Ronaldo Kwateh mencetak gol lewat tendangan keras dari tepi kotak penalti. Gerakan Ricky sebelum mencetak gol ini kerap kita lihat pada Piala AFF 2020 lalu. Namun, di laga ini hal itu beru terlihat di babak kedua.

Sementara itu penampilan kapten Indonesia, Evan Dimas Darmono tak begitu nampak di sepanjang laga. Evan terlihat sangat kelelahan.

Shin Tae-yong pun hanya memberikan Evan waktu bermain selama 66 menit. Shin kemudian memasukkan nama Marselino Ferdinan untuk menggantikan Evan.

x

Pratama Arhan bisa dikatakan pemain yang paling berperan di laga ini. Masuk di babak kedua, bek kiri PSIS Semarang itu berperan pada tiga gol Timnas Indonesia.

Arhan sukses mengeksukusi tendangan penalti pada menit ke-73. Lalu pada menit ke-77 lemparan kedalaman yang ia lakukan membuat kiper Timor Leste, Mendonca melakukan gol bunuh diri.

Tak hanya itu pada menit ke-80, Pratama Arhan melepaskan umpan silang. Umpan dari Arhan itu membuat panik lini belakang Timor Leste yang kemudian membuat Filomeno melakukan gol bunuh diri.