Kalah dari PSM, Barito Putera Kembali ke Zona Degradasi

Barito Putera menelan kekalahan saat melawan PSM Makassar pada pekan ke-21, BRI Liga 1 2021/2022. Tim Laskar Antasari menyerah 1-2 dari PSM Makassar di Stadion Kompyang Sujana Denpasar pada Jumat (28/2/2021) malam WIB.

Barito Putera sebenarnya bermain apik dengan tancap gas sejak awal babak pertama. Rafa Silva dan Guy Junior yang berada di lini tengah Barito langsung merepotkan lini belakang PSM.

Meski sempat tertekan, PSM justru lebih dulu unggul di menit ke-12. Serangan balik cepat yang dilakukan PSM membuat lini belakang Barito Putera goyah.

Umpan langsung dari lini belakang langsung menuju kaki Yakob Sayuri. Penyerang muda itu melepaskan tembakan yang tidak bisa dihentikan Muhammad Riyandi.

Hanya berselang 10 menit, Juku Eja menggandakan keunggulan. Umpan crossing dari Zulkifli Syukur mencari kepalada Willem Jan Pluim. Dengan mudah, pemain asal Belanda itu menempatkan bola ke pojok kiri atas gawang Barito.

Barito Putera tidak panik setelah ketinggalan dua gol. Di menit ke-27, Laskar Antasari berhasil membalas lewat gol dari Rafael Silva. Umpan dari Renan Silva berhasil dicocor masuk oleh Rafa Silva.

PSM tetap bermain agresif di awal babak kedua. Menit ke-52, tim asuhan Joop Gall kembali mendapatkan peluang mencetak gol. Sayangnya tembakan Yakob Sayuri masih bisa ditepis Riyandi.

Memasuki menit ke-63, PSM kembali mendapatkan peluang. Kali ini lewat upaya dari Pluim. Namun, sepakan kapten PSM itu masih membentur pemain belakang Barito Putera.

Pergerakan Pluim benar-benar merepotkan pertahanan Barito di laga ini. Di menit ke-70, Pluim mengirimkan umpan manis kepada Ilham Udin. Sayangnya, sepakan Ilham hanya tipis di sisi kiri gawang Barito.

PSM Makassar kembali mendapatkan peluang emas. di menit ke-82. Berawal dari tendangan sudut, Pluim tidak terkawal di dalam kotak penalti Barito. Sayangnya, sepakan first time Pluim terlalu lemah.

Barito Putera punya peluang untuk menyamakan kedudukan di menit ke-84. Rafa Silva yang berdiri bebas gagal memanfaatkan bola hasil tembakan Buyung Ismu di depan gawang PSM. Tandukan pemain asal Brasil itu jauh dari sasaran.

Skor 2-1 untuk PSM Makassar bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Juku Eja menggusur Madura United ari posisi sembilan klasemen. PSM kini punya 27 poin.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Barito Putera kembali terancam untuk terdegradasi. Saat ini tim asuhan Rahmad Darmawan ada di posisi ke-17 alias dua paling bawah dengan koleksi 16 poin.

Daftar Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Muhammad Riyandi (Kiper), Bagas Kaffa, Kim Jinsung, Muhammad Firli, Saddam Hi Tenang (Belakang), Bayu Pradana (C), Luthfi Kamal, Bruno Matos (Tengah), Bruno Matos, Guy Junior, Rafael Silva (Depan).

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (Kiper), Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Ganjar Mukti, Abdul Rachman (Belakang), Muhammad Arfan, Delvin Rumbino, Willem Jan Pluim (C) (Tengah), Ilham Udin, Yakob Sayuri, Patrick Kallon (Depan).

Pelatih: Joop Gall