Diwarnai Gol Cantik Renan Silva, Madura United Kalahkan PSIS Semarang

Laga lanjutan Liga 1 2021-2022 pekan ke-21 yang mempertemukan Madura United menghadapi PSIS Semarang telah selesai digelar, Jumat (28/1/2022).

Bertanding di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Madura United sukses mengalahkan PSIS Semarang dengan skor tipis 2-1.

Gol Madura United dicetak oleh Renan Silva (14′) dan Alberto Goncalves (17′). Adapun gol balasan PSIS Semarang dicetak oleh Chevaughn Walsh (41′).

Hasil ini membuat Madura United naik tiga peringkat ke posisi 10 klasemen sementara Liga 1 2021-2022. Skuad asuhan Fabio Lefundes mengoleksi 25 poin dari 21 pertandingan.

Sementara bagi PSIS, kekalahan dari Madura United membuat mereka gagal merebut peringkat enam klasemen yang saat ini ditempati Persija.

PSIS harus puas berada di peringkat ke-7 dengan 31 poin.

Babak Pertama

Tim Madura United cepat mengambil inisiatif serangan ke gawang PSIS Semarang setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.

Pada menit ke-14, peluang melalui situasi set piece berhasil dimanfaatkan oleh Renan Silva untuk membawa Madura United unggul 1-0 atas PSIS Semarang.

Tendangan bebas Renan Silva melewati pagar betis yang dibentuk para pemain PSIS. Bola melengkung dan mengarah ke pojok kiri atas gawang PSIS.

Joko Ribowo sudah terbang untuk menghalau bola. Namun upayanya tetap tak mampu menahan bola tendangan Renan Silva masuk ke dalam gawang.

Madura United tak memberi kesempatan PSIS untuk bangkit. Tiga menit pascagol Renan Silva, giliran Alberto Goncalves yang mencatatkan namanya di papan skor.

Alberto Goncalves da Costa, striker Madura United kelahiran Belem, Para, Brasil.

Beto, sapaan Alberto Goncalves, berdiri bebas di dalam kotak penalti PSIS ketika Bayu Gatra mengirimkan umpan terobosan.

Lolos dari jebakan offside, Beto melepaskan tendangan keras yang tak mampu dibendung oleh Joko Ribowo. Madura United unggul 2-0 atas PSIS.

PSIS berupaya membalas melalui beberapa kali tendangan bebas yang didapatkan. Namun eksekusi Jonathan Cantilana belum juga menghasilkan gol.

Upaya tim bejuluk Laskar Mahesa Jenar untuk memperkecil ketertinggalan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-41.

Bermula dari pergerakan Septian David Maulana di sisi kanan, winger bernomor punggung 29 tahun itu mengirimkan umpan ke dalam kotak kecil gawang Madura United.

Striker asing PSIS, Chevaughn Walsh, bergerak untuk menyambut umpan Septian David. Sontekannya dari jarak dekat gagal dihalau kiper Madura United, Hong Jung-nam.

PSIS memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Skor itu bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Chevaughn Walsh, pemain baru PSIS Semarang untuk putaran kedua Liga 1 2021-2022.

Babak kedua berjalan lebih ketat. Madura United yang sudah unggul mengubah sedikit gaya permainannya untuk mengantisipasi serangan-serangan PSIS.

Peluang Renan Silva pada awal babak kedua menjadi serangan yang cukup berbahaya dari Madura United. Namun setelah itu, PSIS lebih banyak menguasai jalannya pertandingan.

Skuad asuhan Dragan Djukanovic berupaya keras untuk mencetak gol penyama kedudukan. Serangan-serangan dari sisi kiri maupun kanan sudah coba dilakukan.

Namun belum ada gol yang tercipta hingga memasuki menit ke-80. Peluang Hari Nur Yulianto pun masih kurang berbahaya bagi gawang Madura United.

Kedisiplinan para pemain Madura United membuat para pemain PSIS sedikit kesulitan membongkar lini pertahanan lawan.

Dibandingkan babak pertama, jual beli serangan tidak banyak terjadi pada babak kedua. PSIS dan Madura United lebih banyak bertarung di lini tengah.

Situasi ini tentu menguntungkan bagi Madura United. Mereka jadi bisa menjaga keunggulannya atas PSIS Semarang.

Skor akhir 2-1 untuk Madura United pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain:

Madura United (4-2-3-1): Hong Jung-nam; Dodi Alexvan Djin, Fandry Imbiri, Jaimerson, Novan Setya; Asep Berlian, Guntru Ariyadi; Bayu Gatra, Hugo Gomes, Renan Silva; Alberto Goncalves.

Pelatih: Fabio Lefundes

PSIS Semarang (4-3-3): Joko Ribowo; Taufik Hidayat, Wahyu Prasetyo, Wallace Costa, Frendi Saputra; Finky Pasamba, Flavio Beck Junior, Jonathan Cantillana; Septian David maulana, Chevaughn Walsh, Hari Nur Yulianto.

Pelatih: Dragan Djukanovic