Adaptasi Lancar, Eky Taufik Sebut Persis Solo dan Bali United Ada Kemiripan

Bek asal Sragen, Eky Taufik tak merasa kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan Bali United. Kemudahan ini dirasakannya lantaran gaya bermain Persis Solo dan Bali United ada kemiripan.

Eky Taufik menjalani masa peminjaman di Bali United, selepas membawa Persis Solo juara Liga 2 2021. Eky dipinjamkan bersama bek lainnya, Abduh Lestaluhu.

Tak butuh waktu lama bagi Eky mencatatkan debut. Dia sudah tampil sekali lawan Persib Bandung. Mantan kapten Persela Lamongan ini senang dengan sambutan para pemain dan staf pelatih Bali United.

“Adaptasi saya dan Abduh berjalan lancar karena pemain dan pelatih welcome semua,” kata Eky saat ditemui di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya, Denpasar.

Eky Taufik juga menyebut ada kemiripan antara program pelatih Persis Solo dan Bali United. Maklum saja, pelatih kepala Persis Solo, Eko Purjianto, sebelumnya jadi asisten pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Duet Eko dan Teco membawa Bali United juara Liga 1 2019. Eky pun tak butuh waktu adaptasi, baik dari segi program latihan maupun pertandingan.

“Dari segi permainan hampir sama antara coach Eko dan coach Teco. Sistem latihan juga hampir sama. Jadi penyesuaiannya tidak terlalu susah,” tutur Eky.

Meski datang nama besar, Eky tak langsung dipilih sebagai pemain inti. Dalam tiga partai putaran kedua, Eky baru turun 11 menit saat membantu Bali United menang atas Persib Bandung 1-0.

Eky menyadari persaingan ini. Selain dia, di pos bek kanan ada I Made Andhika Wijaya, Dias Angga Putra dan Gavin Kwan Adsit. Semua punya pengalaman sama di Liga 1.

“Memang bek kanan ada pemain-pemain yang baik sekali. Ada potensi main semua, punya kualitas semua. Prinsip saya setiap latihan maksimal dan menunjukkan performa yang terbaik. Soal main, biar nanti pelatih yang memilih,” papar Eky.

Terdekat, Bali United akan menghadapi Borneo FC pada Sabtu (29/1/22) sore. Kemenangan menjadi modal penting untuk bersaing di papan atas Liga 1 2021/20