Shin Tae-yong Ternyata Pernah Kalahkan Timor Leste era Fabio Magrao

Shin Tae-yong punya percaya diri tinggi untuk membawa Timnas Indonesia mengalahkan Timor Leste pada uji coba internasional di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/1/22) dan Minggu (30/1/22).

Selain kekuatan sepak bola Indonesia yang jauh di atas Timor Leste, ternyata Shin Tae-yong punya catatan bagus lawan Fabio Magrao. Pelatih asal Brasil itu pernah dilibasnya ketika masih menangani Korea Selatan.

Kemenangan itu didapat saat kualifikasi Piala Asia U-23 2016. Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Korea Selatan melibas Timor Leste 3-0.

Korea Selatan pada akhirnya menjadi juara Grup H dan berhak tampil pada babak utama. Anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Indonesia 4-0 dan Brunei Darussalam 5-0.

Shin Tae-yong tak begitu mengingat laga ini lagi. Bahkan, dia baru tahu tim yang saat itu dikalahkannya sudah ditangani Fabio Magrao.

“Jujur tadinya belum tahu bahwa itu Timor Leste dengan pelatih yang sama,” terang Shin Tae-yong dalam jumpa pers di Seminyak, Bali, Rabu (26/1/22).

Fabio Magrao kini masih ada di Timor Leste. Dia membawa para pemain dibawah usia 23 tahun untuk menantang skuat kombinasi yang dipanggil Shin Tae-yong ke Bali.

Shin Tae-yong melihat sepak bola Timor Leste sudah mengalami kemajuan dibanding tahun 2015 lalu. Mereka bermain dengan passing lebih bagus dan mobilitas tinggi.

“Saya lihat ada progres yang baik. Ketika nonton pertandingan di AFF, lihat ada progres di kecepatan dan penguasaan bola. Itu menjadi lebih baik dari sebelumnya,” tuturnya.