Ditanya soal 8 Pemain Baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Minta Maaf

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tetap konsisten menolak membocorkan komposisi pemain yang akan bermain dalam sebuah pertandingan.

Kali ini Shin Tae-yong menunjukkan sikap itu sambil mengucapkan maaf ketika ditanya soal kesempatan bermain delapan pemain baru timnas Indonesia pada laga uji coba melawan Timor Leste.

Pertandingan uji coba antara timnas Indonesia vs Timor Leste dijadwalkan dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Kamis (27/1/2022).

Sebagai persiapan, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong sudah memulai pemusatan latihan di Bali sejak 19 Januari 2022.

Komposisi pemain untuk agenda FIFA Matchday kali ini berjumlah 27 orang yang mayoritas merupakan alumni Piala AFF 2020.

Dari 27 nama, Elkan Baggott menjadi satu-satunya pemain yang tidak bisa memenuhi panggilan Shin Tae-yong.

Sebab, Elkan Baggott saat ini masih berada di Inggris bersama timnya, Ipswich Town.

Elkan Baggott menjadi salah satu dari 19 pemain timnas Indonesia alumni Piala AFF 2020 yang kembali dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Sisanya, Shin Tae-yong memanggil delapan pemain baru yang seluruhnya bermain di Liga 1.

Mereka adalah Bayu Fiqri (Persib Bandung), Ronaldo Kwateh (Madura United), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Adi Satrio (Persik Kediri), Achmad Figo (Arema FC), M Rafli (Arema FC), Sani Rizky Fauzi (Bhayangkara FC), dan Terens Puhiri (Borneo FC).

Dalam sesi konferensi pers menjelang laga, Shin Tae-yong sempat ditanya soal kesempatan bermain delapan pemain baru di atas.

Mendapat pertanyaan itu, Shin Tae-yong menolak menjawab sambil mengucapkan permintaan maaf.

Shin Tae-yong tetap menolak memberi sedikit bocoran terkati siapa saja pemain yang akan tampil karena menurutnya hal itu akan menguntungkan lawan.

“Memang wartawan membutuhkan siapa pemain yang tampil untuk diberitakan tapi kami dari tim pelatih sangat hati-hati,” kata Shin Tae-yong.

“Karena sama saja kami memberi tahu taktik kami kepada lawan. Sekali lagi saya minta maaf tidak bisa memberitahu, jadi mohon perhatiannya,” tutur Shin Tae-yong.

“Yang pasti kami bisa lihat nanti di pertandingan,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

Shin Tae-yong memang terkenal tidak suka memberi sedikit bocoran strategi atau komposisi pemain menjelang pertandingan.

Hal itu juga dilakukan Shin Tae-yong selama Piala AFF 2020 akhir tahun lalu.

Timnas Indonesia bahkan sempat mendapat sebutan bunglon karena Shin Tae-yong kerap mengubah formasi dan komposisi pemain selama Piala AFF 2020.

Sama seperti timnas Indonesia, pertandingan tengah pekan ini menjadi penampilan pertama untuk Timor Leste setelah Piala AFF 2020.

Pelatih Timor Leste, Fabio Magrao, kali ini memilih membawa banyak pemain U23 untuk menghadapi timnas Indonesia.

Fabio Magrao kemungkinan besar ingin memanfaatkan laga uji coba melawan timnas Indonesia untuk mempersiapkan tim yang akan diberangkatkan ke Piala AFF U23 2022.

Adapun laga uji coba timnas Indonesia vs Timor Leste pada FIFA Matchday kali ini dijadwalkan berlangsung dua kali.

Pertandingan uji coba kedua timnas Indonesia vs Timor Leste kembali akan dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Minggu (30/1/2022).

Skuad Garuda diharapkan bisa memanfaatkan dua pertandingan uji coba melawan Timor Leste untuk memperbaiki ranking FIFA. (Moch Hary Prasetya/kompas)