FIFA Matchday Kok Ada Liga 1? PT LIB Kasih Penjelasan

Liga 1 2021/22 akan kembali digulirkan pada Rabu, 26 Januari, dengan laga antara Persita Tangerang dan Persija Jakarta, di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. Sementara pada 27 Januari, akan ada partai internasional FIFA, antara timnas Indonesia melawan Timor Leste, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Jadwal ini kembali dipertanyakan karena kompetisi digulirkan ketika jeda internasional FIFA. Memang, pertandingan antara timnas Indonesia dan Timor Leste telah mengalami penundaan, dari yang awalnya 24 dan 27 Januari, menjadi 27 dan 30 Januari, karena lawannya pun berubah, dari Bangladesh, menjadi Timor Leste.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi profesional Indonesia menjelaskan kenapa Liga 1 kembali bergulir meski timnas Indonesia akan bertanding. Menurut mereka, jadwal yang sudah disusun pun tidak mengganggu persiapan tim peserta Liga 1 yang akan bertanding.

Kondisi pandemi virus corona yang menyebabkan berubahnya kalender kompetisi Indonesia punya andil dalam hal ini. Apalagi, LIB mengejar supaya kompetisi Liga 1 2021/22 benar-benar bisa rampung pada Maret mendatang.

“Prinsipnya, PT LIB sangat paham dengan adanya agenda FIFA Matchday sehingga jadwal yang kami susun sudah menyesuaikan dengan agenda timnas Indonesia.. Namun, kompetisi di masa extraordinary ini jadwal sangat fleksibel dan dinamis. Semua klub berkomitmen bahwa kompetisi harus selesai pada akhir Maret 2022,” urai Sudjarno, direktur operasional PT LIB.

“Sehingga, seluruh jadwal harus kami sesuaikan termasuk juga adanya irisan dengan agenda FIFA Matchday,” sambungnya.

Setidaknya akan ada sembilan pertandingan yang digulirkan selama timnas Indonesia menjalani laga uji coba. Pertandingan tersebut dilaksanakan pada 26, 28, dan 29 Januari. Tentu saja, beberapa klub harus rela pemainnya absen di laga yang mereka mainkan di tanggal tersebut, karena kebutuhan timnas Indonesia.