Buka-bukaan, Alasan Zaenal Arief ‘Selingkuh’ dari Persib ke Persita

Dalam perjalanan karier Zaenal Arief, pesepak bola asal Garut itu pernah membela tim Persib Bandung, tapi kemudian ia minggat ke Persita Tangerang.

Zaenal Arief merupakan legenda Persib Bandung dan Timnas Indonesia era 2000an. Ia berposisi sebagai striker, hingga disegani saat berduet dengan Ilham Jaya Kesuma.

Zaenal Arief sempat mencatat rekor saat ia masuk skuat Persib Bandung senior di usia 17 tahun. Namun ketika ia tak mendapat jam terbang, ia pun memilih meninggalkan tim.

“Deny Syamsudin (pelatih Persib) melihat potensi saya, diajaklah ke Bandung. Bangga luar biasa, speechless, 17 tahun saya sudah masuk tim Persib senior,” ujar Zaenal Arief.

“Tapi karena tongkat kepelatihan waktu itu ada peremajaan ke Indra Thohir, otomatis targetnya juga beda, akhirnya saya menit bermainnya kurang,” jelasnya via Tiento ID.

Bak gayung bersambut, Persita Tangerang menggelar seleksi dan Zaenal Arief masuk dalam pantauan pelatih Benny Dollo. Tak pelak, ia bergabung di Laskar Cisadane.

“Uniknya ketika saya seleksi di Persita, saya hanya butuh waktu lima menit tendang bola, kontrol, Benny Dollo langsung bilang, oke saya mau anak itu, tidak perlu seleksi lagi.”

Bahkan, Benny Dollo juga berjanji pada Zaenal Arief jika ia akan mendatangkan pemain kaliber Timnas, Firman Utina dan Ilham Jaya Kesuma ke Persita Tangerang.

“Om Benny Dollo bilang, tenang, nanti teman kamu di Timnas U-19, si Firman saya panggil ke sini, main di Tangerang, kamu akan jadi bintang sama Firman dan Ilham,” jelasnya.

Zaenal Arief melewati masa kejayaannya di Persita Tangerang, sejak tahun 2000 hingga 2005, sampai akhirnya ia kembali ke Persib Bandung atas permintaan banyak pihak.

Tiga tahun membela Persib Bandung, Zaenal Arief belum bisa meraih trofi juara. Alhasil, ia pun mencoba peruntungan baru dan hijrah ke sejumlah klub Liga Indonesia.

“Tiga tahun di Persib, saya menyeberang ke Samarinda, karena Persib ada perpindahan tongkat kepelatihan dari Arcan Iurie ke Jaya Hartono, saya kurang menit bermainnya.”

Zaenal Arief pernah membela Persisam Putra Samarinda, Persikabo Bogor, PSPS Pekanbaru, dan menutup kariernya di klub Persepam Madura United di tahun 2014.