Timnas Indonesia Bakal Hadapi Timor Leste di FIFA Matchday, Begini Komentar Shin Tae-yong

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada FIFA Matchday akhir Januari 2022. Pelatih Shin Tae-yong menyebut, kualitas calon lawan yang akan dihadapi kurang bagus.

Penilaian itu diungkapkan Shin Tae-yong dengan mengacu pada rekam jejak Timor Leste di Piala AFF 2020. Meski demikian, Shin Tae-yong tetap meminta pemain Timnas Indonesia tidak meremehkan kekuatan Timor Leste.

“Maaf, jujur Timor Leste tidak terlalu bagus. Saya hanya menonton pertandingan mereka di Piala AFF saja,” kata Shin Tae-yong.

Pada Piala AFF 2020, Timor menjadi juru kunci Grup A. Pasukan Fabio Magrao tak mengolesi satu poin pun karena menelan empat kekalahan.

Timnas Indonesia rencananya akan menghadapi Timor Leste pada 27 dan 30 Januari 2022. Pelatih Shin Tae-yong menyebut fokus persiapan timnya saat ini adalah perbaikan mental.

“Saya akan perkuat mental mereka lagi. Kemudian memperbaiki kekurangan yang ada,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia sejauh ini sudah empat kali menghadapi Timor Leste. Skuad Merah Putih terlalu superior atas tim berjulukan Lafaek itu.

Timnas Indonesia sukses menyarangkan 14 gol ke gawang Timor Leste. Adapun Timor Leste hanya mampu sekali mencetak gol ke gawang Tim Merah Putih.

Namun, itu bukan jadi jaminan Timnas Indonesia bisa dengan mudah mengalahkan Timor Leste pada FIFA Matchday nanti. Timor Leste perlahan berbenah dan saat ini diasuh oleh pelatih Brasil, Fabio Magrao.

Mengacu pada ranking FIFA terbaru, Timnas Indonesia dan Timor Leste tidak terpaut jauh. Tim Merah-Putih berada di urutan ke-164 dan Timor Leste di urutan ke-196.

Untuk skala Asia Tenggara, Timor Leste memang berada di ranking paling bawah. Meski begitu, Timnas Indonesia tetap tidak boleh memandang sebelah mata kualitas Timor Leste.

Laga FIFA Matchday nanti jadi kesempatan kedua tim untuk memperbaiki peringkat. Jadi, bisa dipastikan kedua tim akan menurunkan kekuatan terbaik demi meraih hasil maksimal.