Syahrian Abimanyu Masih Ingin Berkarier di Luar Negeri, Salah Satunya di Spanyol

Gelandang anyar Persija, Syahrian Abimanyu, memiliki pengalaman bermain sepak bola di luar negeri, yakni di Australia dan Malaysia.

Pengalamannya bermain di dua negara itu dilakoni Syahrian Abimanyu pada musim 2021. Di Australia, Syahrian Abimanyu bergabung dengan tim A-League, Newcastle Jets.

Berada di Australia sekitar lima bulan, Februari hingga Juli 2021, pemain berusia 22 tahun itu sempat tampil tiga kali untuk Newcastle Jets.

Namun menit bermain Syahrian Abimanyu sangat minim. Dari tiga penampilannya, eks-pemain Madura United hanya tampil selama tujuh menit.

Setelah masa peminjamannya di Newcastle Jets berakhir, Syahrian Abimanyu kembali ke klub Liga Malaysia, Johor Darul Takzim.

Di Malaysia, Abi, sapaan akrab Syahrian Abimanyu, resmi menjadi bagian tim utama Johor Darul Takzim pada Juli 2021 hingga Januari 2022.

Nasib Abi tak banyak berubah. Ia jarang masuk dalam daftar susunan pemain Johor Darul Takzim. Abi pun hanya sempat dua kali tampil untuk JDT di Liga Super Malaysia.

Dua pertandingan bersama JDT dilalui Abi sebagai pemain pengganti. Secara keseluruhan, Abi hanya tampil 34 menit untuk JDT.

Walau memiliki menit bermain yang sedikit, Abi cukup mengetahui karakter permainan di Liga Australia dan Liga Super Malaysia.

Menurut Abi, kompetisi sepak bola di sebuah negara memiliki gaya permainan yang berbeda-beda, termasuk kekurangan serta kelebihannya.

“Untuk di Australia lebih fisik, lebih main dengan body charge,” kata Syahrian Abimanyu, dikutip dari laman Persija.

“Kalau di Malaysia, permainan lebih taktikal. Kalau di Indonesia, lebih banyak lari. Jadi masing-masing liga punya kelebihan dan kekurangan,” ia menambahkan.

Minimnya menit bermain yang dijalani Abi di Liga Australia dan Liga Super Malaysia tak membuatnya kapok untuk berkarier di luar negeri.

Namun saat ini, dia akan fokus untuk Persija. Abi mengincar banyak menit bermain bersama skuad Macan Kemayoran di Liga 1 2021-2022.

Sebagai pemain muda, Abi ingin terus meningkatkan kemampuan dan kualitas permainannya dengan banyak tampil untuk Persija.

Adapun beberapa kompetisi sepak bola di mancanegara yang ingin dirasakan Abi yakni Spanyol, Jepang, Korea Selatan, dan Thailand.

“Untuk di Asia, (ingin main di) Liga Thailand, Jepang, Korea Selatan. Kalau di Eropa, saya mau berkarier di Liga Spanyol,” ujar Abi.