Pemain Habis Dari Klub, Shin Tae-Yong Perlu Perbaiki Mental Timnas Indonesia Lagi

Timnas Indonesia sudah berada di Bali pekan ini, dan melakoni pemusatan latihan (TC) sebelum menghadapi laga internasional kontra Timor Leste. Pertandingan melawan Timor Leste akan digelar sebanyak dua kali, yakni pada 27 dan 30 Januari 2022.

Sebanyak 27 pemain masuk daftar panggil untuk TC ini, dan sebagian besar merupakan pemain dari skuad timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 lalu, dan mayoritas berusia U-23 karena memang skuad ini diproyeksikan untuk Piala AFF U-23 nanti.

Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia, menuturkan bahwa dirinya harus kembali memoles mental para pemain pada TC ini, termasuk pemain yang pada Piala AFF lalu ambil bagian. TC sudah berjalan tiga hari, dan belum memasuki fase asah taktik untuk pertandingan.

“Kondisi para pemain baik, tetapi setelah Piala AFF para pemain kembali ke klub, mentalnya sedikit menurun. Saya akan perkuat mental mereka lagi, dan memperbaiki kekurangan yang ada.. Jadi kami akan latihan taktik besok untuk menghadapi Timor Leste,” kata Tae-yong, 22 Januari.

Uji coba internasional ini mengalami perubahan terus. Awalnya timnas Indonesia berhadapan dengan Bangladesh sebanyak dua kali, dan sama-sama direncanakan di Bali. Rencana itu akhirnya berubah, karena Bangladesh tak bisa mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah Indonesia.

Timor Leste akhirnya memenuhi permintaan PSSI untuk menjadi lawan tanding timnas Indonesia. Namun, laga pada 27 dan 30 Januari ini sebenarnya sudah mundur dari rencana awal, yang tadinya pada 24 dan 27 Januari. Tae-yong pun coba maklum, meski ada kecewa dengan hal-hal yang tidak pasti.

“Jujur, [memang] ada masalah pandemi saat ini, sepertinya ada perubahan. Jadwal Timnas itu harus lebih jelas dan tidak ada perubahan.. Tetapi, karena pandemi, ya mau tidak mau harus terjadi perubahan seperti ini,” kata mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.