Keunggulan Timor Leste yang Mesti Diwaspadai Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan menjalani duel kontra Timor Leste pada FIFA Matchday di Bali. Laga pertama dihelat pada Kamis (27/1/2022) WITA, sementara pertemuan kedua digelar tiga hari berselang, Minggu (30/1/2022) WITA.

Tim Garuda awalnya bersua Timor Leste pada 24 dan 27 Januari 2022 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Namun, akibat adanya kebijakan karantina untuk Timo Leste, duel harus diundur menjadi 27 dan 30 Januari mendatang.

Timnas Indonesia menjadikan dua laga FIFA Matchday sebagai persiapan menuju Piala AFF U-23 2022, SEA Games 2022, dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Tentu hal serupa juga jadi target utama Timor Leste. Negara yang berpisah dari Indonesia ini memperlihatkan peningkatan cukup baik sejak merdeka dan jelas tak bisa diremehkan begitu saja.

Timor Leste kemungkinan besar bakal menurunkan pemain-pemain yang turut tampil pada Piala AFF 2020 silam, di mana data mencatat mereka sebagai tim dengan rataan usia paling muda. Ini menunjukkan kalau mereka serius membangun sepak bolanya untuk masa depan.

Lantas, apa yang membuat Timor Leste tak bisa dipandang sepele oleh Timnas Indonesia? Berikut ini ulasannya:

Timor Leste hancur lebur pada Piala AFF 2020. Namun agaknya penampilan mereka di sana adalah untuk meletakkan pondasi guna menyongsong masa depan.

Sebenarnya Timor Leste tidak buruk-buruk amat bicara mengenai perkembangan sepak bola di sana. Belakangan mereka mampu menyulitkan Timnas Indonesia.

Kali terakhir Timnas Indonesia bersua Timor Leste adalah pada 2018 silam, di mana Merah Putih ‘cuma’ menang 3-1. Itu terjadi pada Piala AFF 2018.

Pada FIFA Matchday nanti, Timor Leste diprediksi bakal tampil tanpa beban dan berupaya main lepas

Shin Tae-yong memang membawa mayoritas pemain yang tampil pada Piala AFF 2020. Namun, ia juga mengikutsertakan beberapa wajah ‘baru’.

Shin Tae-yong bisa saja gatal menjajal pemain-pemain tersebut, yang mana bisa jadi pisau bermata dua. Chemistry bisa terbentuk, namun jika gagal, permainan buruk malah membuat Timnas Indonesia keteteran.

Kondisi serupa mungkin dialami juga oleh Timor Leste, tapi karena bermain tanpa beban, hal ini justru menguntungkan mereka saat berjumpa Timnas Indonesia.

Jadwal

Kamis, 27 Januari 2022

Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar

Minggu, 30 Januari 2022

Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar