Rekrut Pelatih dari Korea Selatan, Malaysia Bantah Latah Ikut-ikutan Timnas Indonesia dan Vietnam

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) membantah meniru formula yang dipakai Timnas Indonesia dan Vietnam saat memutuskan merekrut pelatih dari Korea Selatan. FAM mengumumkan menggaet Kim Pan-gon dari Korsel untuk menangani Timnas Malaysia sejak Jumat (21/1/2022).

Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin, mengatakan pihahnya tidak sekadar mengikuti tren Timnas Indonesia dan Vietnam yang kini memiliki pelatih dari Korsel.

Vietnam sudah lama ditangani Park Hang-seo, sedangkan Timnas Indonesia memercayai Shin Tae-yong sebagai nakhoda tim.

FAM mengklaim sudah melakukan riset sendiri sebelum memboyong pelatih dari Negeri Gingseng.

“Jika kami mengambil pelatih dari Inggris, maka akan ada pertanyaan bahwa orang Inggris tidak tahu sepak bola kami. Kami telah melakukan studi terlebih dahulu (sebelum mendapuk Kim Pan-gon jadi pelatih),” kata Datuk Hamidin, seperti dikutip dari Berita Harian.

“Menurut penilaian kami, dia yang terbaik dan kami bisa mendapatkan respek darinya. Kami merasa dia paling layaj untuk mendongkrak ranking kami di ASEAN dan Asia,” imbuh Datuk Hamidin.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengumumkan Kim Pan-gon menjadi pelatih Timnas Malaysia pada Jumat (21/1/2022) melalui akun Instagram asosiasi, @famalaysia.

Sebelum menerima pinangan Timnas Malaysia, Kim Pan-gon menjabat sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sejak Januari 2018.

Kim Pan-gon terakhir kali melatih pada Desember 2017. Ketika itu, lelaki berusia 62 tahun ini memoles Timnas Hong Kong selama empat tahun lebih.

“Pemilihan Kim Pan-gon dilakukan setelah evaluasi menyeluruh terhadap kandidat dari berbagai negara antara lain dari Jepang, Eropa, dan Amerika Latin,” kata Presiden FAM, Datuk Haji Hamidin Haji Mohd Amin dinukil dari laman FAM.

Timnas Malaysia baru ditinggalkan Tan Cheng Hoe dari kursi pelatih. Arsitek berusia 53 tahun itu mundur setelah Harimau Malaya tersingkir di babak penyisihan Piala AFF 2020.

“FAM merasa Kim Pan-gon adalah kandidat terbaik untuk menangani Harimau Malaya berdasarkan pengalaman yang luas sebagai pelatih di level klub dan timnas. Selain dari sistem Timnas Korea Selatan selama empat tahun terakhir,” ujar Datuk Haji Hamidin.

Kim Pang-gon dikabarkan meneken kontrak dua tahun plus klausul perpanjangan dua tahun dengan Timnas Malaysia dan akan membawa beberapa asisten.

“Kim Pan-gon diperkirakan tiba di Malaysia pada awal Februari 2022 dengan asistennya yaitu pelatih, pelatih kiper, pelatih fisik, dan analis,” jelas Datuk Haji Hamidin.

Tugas pertama Kim Pan-gon bersama Timnas Malaysia adalah Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022 yang pengundiannya bakal digelar pada Februari 2022.