Jeda Kompetisi Liga 1, Coach RD Akhirnya Temukan Kelemahan Barito Putera

Memasuki masa jeda kompetisi Liga 1 2021-2022, pelatih Rahmad Darmawan akhirnya menemukan kelemahan Barito Putera dan coba mengevaluasinya.

Setelah pertandingan terakhir pekan ke-20 pada Selasa (18/1/22), Liga 1 2021-22 bakal menjalani rehat sejenak, mengingat ada jeda internasional.

Namun, pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, tampaknya tak mau bersantai. Ia langsung mengevaluasi dan coba menutupi kelemahan Laskar Antasari.

Pelatih yang akrab disapa Coach RD itu menemukan sejumlah kelemahan Barito Putera dalam tiga laga pertamanya di Bali, sehingga timnya hanya meraih satu poin.

Barito Putera takluk dari Bali United dengan skor 0-3, kemudian dipecundangi Borneo FC dengan skor 2-0. Laskar Antasari pun akhirnya main imbang 1-1 lawan Tira-Persikabo.

“Kami manfaatkan jeda untuk membenahi beberapa aspek, yakni membangun team building untuk mencari chemistry, baik di dalam maupun di luar lapangan,” ungkap Coach RD.

Menurut Rahmad Darmawan, persoalan chemistry menjadi penting karena banyak pemain yang baru bergabung di tim Barito Putera, tapi langsung dimainkan di putaran kedua.

“Para pemain perlu mengenal satu sama lain. Bukan hanya di lapangan, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Secara taktikal, harus sepaham,” tambahnya.

Salah satu upaya yang telah dilakukan tim pelatih Barito Putera ialah menggelar pesta barbekyu dan ikan bakar, ditambah dengan live music di rooftop hotel, Kamis (20/1/22).

Selain soal chemistry antar pemain, pelatih Rahmad Darmawan juga membenarkan jika kondisi fisik para penggawa Barito Putera belum mencapai level yang diharapkan.

“Memang masih mengejar level fitnes agar berada dalam standar ideal, karena salah satu problem kami,” ungkap Rahmad Darmawan via Kalsel Pos.

“Level kebugaran beberapa pemain belum di satu level yang ideal,” cetusnya. Sehingga, tidak mudah membuat variasi permainan dengan kondisi seperti itu,” tandasnya.

Dengan evaluasi ini, skuat Barito Putera diharapkan bisa mendapat titik balik dan meraih kemenangan atas PSM Makassar di pekan ke-21 Liga 1 2021, Jumat (28/01/22).