Hilang dari Daftar Kiper Timnas Indonesia pada FIFA Matchday, Ada Apa dengan M. Riyandi?

Nama M. Riyandi tak tercantum dalam daftar pemain Timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong untuk melakoni FIFA matchday menghadapi Timor Leste di Bali.

Kiper Barito Putera itu digeser sosok muda milik Persik, Muhammad Adi Satryo. Sementara tiga penjaga gawang lain, Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna Fadilah, dan Ernando Ari Sutaryadi tetap bertahan.

Absennya M. Riyandi ini jadi pertanyaan bagi Yanuar Hermansyah. “Jika Riyandi tak dipanggil ini sebuah keanehan. Apakah dia cedera atau performanya menurun,” kata pria yang akrab dipanggil Begal ini.

Jika alasan cedera, tampaknya hal mustahil. Karena Riyandi sempat bermain ketika Barito Putera bermain imbang 1-1 kontra Persikabo 1973 pada pekan ke-20 BRI Liga 1 lalu.

“Dia satu di antara kiper muda berbakat dan prospek masa depannya cerah. Saya hanya bisa menduga-duga saja pertimbangan dia tak dipanggil Timnas Indonesia kali ini. Kalau absen karena performa turun, Riyandi harus meningkatkan lagi,” ujarnya.

Publik dan Yanuar ‘Begal’ Hermansyah wajar bertanya hilangnya nama Riyandi. Apalagi PSSI dan pelatih Timnas Indonesia tak memberi penjelasan soal ini.

Namun Begal mereka-reka kemungkinan pelatih kiper Timnas Indonesia ingin melihat dan memberi kesempatan potensi pemain lain.

“Kalau kiper muda Persik masuk, artinya dia memang layak. Dan, Timnas ingin mencari bakat baru, selain Riyandi. Kebijakan ini bagus juga. Sehingga kita punya banyak alternatif di posisi kiper,” tutur Begal.

Menurut kiper legenda Arema ini langkah pelatih Timnas Indonesia sah-sah saja.

“Atau, bisa juga karena dinilai Riyandi sudah bagus dan punya banyak caps di Timnas. Jadi harus ada kiper lain yang diorbitkan lagi,” ujarnya.

Jika saat ini PSSI menyiapkan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF U-23, tampaknya keputusan Shin Tae-yong sudah tepat.

Dari empat kiper yang akan tampil pada laga Internasional nanti, jika ditambah M. Riyandi, maka ada tiga sosok yang diproyeksikan di Piala AFF U23.

Ernando Ari dan Adi Satryo tahun ini genap berusia 20 dan 21 tahun. Sedangkan M. Riyandi pada 3 Januari lalu berumur 22 tahun. Sementara Nadeo Argawinata dan Syahrul Trisna masuk kategori senior senior, karena usianya di atas 23 tahun.

“Kalau melihat usia lima kiper tersebut, tampaknya Shin Tae-yong menyiapkan Ernando Ari, Adi Satryo, dan Riyandi untuk Piala AFF U23,” ucapnya.