Kembali Jadi Pelatih Persija Jakarta, Sudirman Sadar Tugasnya Tak Mudah

Persija Jakarta langsung mengumumkan Sudirman sebagai suksesor dari Angelo Alessio, kurang dari 24 jam pengumuman bahwa Alessio sudah tak lagi jadi pelatih Persija. Alessio lengser karena keputusan manajemen, yang menilai performa Persija kurang memuaskan.

Sebanyak 20 pertandingan dimainkan oleh Macan Kemayoran di bawah kendali pelatih asal Italia itu. Hasilnya memang kurang baik, karena Persija hanya bisa meraih tujuh kemenangan, delapan kali imbang, dan lima kali kalah, sehingga berada di posisi delapan klasemen saat ini.

Sudirman ditunjuk dengan dasar yang bersangkutan sudah memahami Persija dan skuadnya pada musim ini. Maklum, Sudirman memang menjadi bagian dari tim pelatih Alessio selama di Persija, dan sosok yang akrab disapa Jenderal itu pernah menukangi tim ibu kota sebelumnya.

Trofi Piala Menpora 2021 menjadi catatan Sudirman selama menajabat sebagai pelatih kepala Persija. Kala itu, Persija mampu menuntaskan turnamen pramusim tersebut dengan mengalahkan Persib Bandung di laga final yang digelar dua laga, dengan skor 2-0, dan 2-1.

Kembali dipercaya mengomandoi Persija, Sudirman sadar betul akan ada beban besar di pundaknya. Diharapkan semua pihak bisa memberikan dukungan yang bagus kepadanya, sehingga bisa kembali mengangkat performa Persija pada sisa musim ini.

“Momen ini bukan lah yang pertama bagi saya. Sebelumnya saya sudah pernah melanjutkan tanggung jawab seperti ini. Yang jelas, sekarang semua elemen tim harus saling menopang agar tim tetap kuat,” ucap Sudirman, dikutip laman resmi Persija.

“Pekerjaan kami memang tidak mudah. Kami sadar bahwa performa kami masih jauh dari kata maksimal. Jadi tugas saya adalah memimpin tim agar kembali bisa bersaing ke papan atas,” sambung Sudirman.

Debut Sudirman musim ini akan terjadi pada 26 Januari mendatang. Persija bakal menghadapi lanjutan seri keempat Liga 1 2021/22, menghadapi Persita Tangerang. Kedua tim tidak jauh di tabel klasemen, dengan Persita menduduki posisi sepuluh, lewat 25 poin.