Timnas Wanita Indonesia Terpaksa Latihan Virtual

Timnas wanita Indonesia telah tiba di India untuk berpartisipasi dalam Piala Asia Wanita 2022, Senin (17/1). Namun, skuad Garuda Pertiwi belum bisa menggelar latihan perdana di lapangan.

Skuad timnas wanita Indonesia tidak boleh meninggalkan kamar dan hotel, karena hasil tes swab PCR yang belum dirilis. Supaya kondisi para pemain tetap terjaga latihan digelar secara virtual selama 90 menit.

Piala Asia Wanita 2022, menggunakan sistem bubble. Keputusan tersebut diambil karena virus corona yang melanda sejak 2020 masih belum sepenuhnya selesai.

Setiap negara tidak bisa bebas berkegiatan selama mengikuti Piala Asia Wanita 2022. Pemain, staf pelatih beserta ofisial cuma diperkenankan untuk berada di hotel, lapangan latihan dan stadion pertandingan.

“Pagi ini para pemain diberikan materi streching dan conditioning. Hal ini perlu dilakukan karena semua pemain kemarin hanya diberikan waktu istirahat setelah menempuh perjalanan dari Indonesia ke India,” kata pelatih fisik timnas wanita Indonesia Gaselly Jun Panam.

“Materi yang diberikan juga untuk menjaga kondisi pemain agar tetap fit ketika nanti kembali lagi ke lapangan untuk berlatih,” Gaselly menambahkan.

Pada sesi latihan pagi, para pemain melakukan pemanasan statis terlebih dahulu, diikuti beberapa gerakan menggunakan rubber band untuk pergelangan kaki, lutut hingga tangan. Selain itu memakai wheel roller sebagai salah satu bentuk latihan conditioning.

“Sejak kemarin memang kami tidak melakukan banyak kegiatan selain perjalanan ke India, jadi pagi ini materi yang diberikan pelatih fisik sangat membantu kami agar tetap aktif bergerak meski berada di dalam kamar sambil menunggu hasil tes PCR dirilis. Semoga semua bisa kembali berkumpul di lapangan secepatnya,” kata kapten tmnas wanita Indonesia Ade Mustika.

Dalam Piala Asia Wanita 2022, timnas Indonesia menempati Grup B. Pasukan Rudy Eka Priambada tersebut bakal menghadapi Australia, Thailand, dan Filipina.